Mudik Lebaran, KAI Surabaya Siapkan Enam Kereta Tambahan

Mudik Lebaran - www.youtube.com

Untuk mengantisipasi lonjakan pada musim mudik 2018 mendatang, PT Indonesia (PT KAI) DAOP VIII Surabaya berencana menyiapkan enam tambahan. Enam kereta tambahan tersebut nantinya akan memiliki ketersediaan tempat duduk sebanyak 3.562 seat per hari.

Masing-masing KA tambahan itu adalah KA Gajayana Lebaran relasi -, KA Sembrani Lebaran Surabaya Pasar Turi-, KA Sancaka Lebaran rute Surabaya -Yogyakarta, KA Pasundan Lebaran rute Surabaya -Kiaracondong, KA Matarmaja Lebaran relasi Malang-Pasar Senen, dan KA Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen. Sayangnya, pemesanan untuk kereta tambahan ini masih belum dibuka karena menunggu keputusan dan instruksi kantor pusat Bandung.

Sementara itu, PT KAI DAOP VI Yogyakarta juga berencana menambah sebanyak 20.400 tempat duduk setiap hari pada musim mudik Lebaran nanti. Penambahan kursi itu berlaku mulai 5 Juni hingga 26 Juni 2018. “Sebanyak 20.400 kursi tambahan itu terdiri dari 11.000 kursi untuk kereta api reguler dan tambahan sebanyak 9.400 kursi,” ujar Manajer Humas PT KAI DAOP VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, seperti dilansir Kompas.

“Pembelian tiket kereta api untuk kursi tambahan bisa dilakukan di gerai-gerai minimarket, website, jaringan PPOB, KAI Access, contact center 121, kantor pos, pegadaian, dan mobile yang dikelola oleh mitra PT KAI,” sambung Eko. “Sementara, pembelian tiket di loket bisa dilayani mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.”

Eko menuturkan, meski Lebaran masih sekitar dua bulan ke depan, tetapi pembelian tiket sudah banyak dilakukan. Bahkan, per Rabu (21/3/2018) kemarin, sudah banyak pemesanan tiket kereta api untuk arus balik. “Kondisi pemesanan sampai saat ini sudah semakin tipis, hampir untuk semua kereta, seperti KA Taksaka, KA Dwipangga, KA Argolawu, dan lainnya. Tetapi, sejauh ini masih bisa dilayani,” pungkas Eko.