Mudik Lebaran, Unit K9 Berpatroli di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Unit K9 Berpatroli di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

JAKARTA – () benar-benar serius dalam mengantisipasi segala kemungkinan ketika musim tiba. Untuk memperkuat keamanan di dua besar, dan Pasar Senen, PT KAI bekerja sama dengan Polda Metro Jaya menyediakan unit K9 (unit keamanan anjing pelacak) selama masa mudik nanti.

“Nantinya, sebanyak 4 unit K9 direncanakan akan berpatroli di sekitar dan Stasiun Pasar Senen,” jelas Senior Manager Humas PT KAI DAOP I Jakarta, Suprapto. “Pasalnya, dua stasiun tersebut memang menjadi pusat keberangkatan para jarak jauh dan menengah dari wilayah Jakarta ke sejumlah daerah, seperti Jawa Barat (Bandung dan Cirebon), Jawa Tengah (Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, dan Solo), dan Jawa Timur (Surabaya, Malang, dan Madiun).”

Di samping unit K9, Suprapto menambahkan bahwa keamanan di 107 stasiun di wilayah PT KAI DAOP I Jakarta juga akan melibatkan personel Polri dan TNI selama masa angkutan Lebaran. “Nantinya, akan ada 1.145 personel keamanan yang akan tersebar di seluruh stasiun dan kereta api,” sambung Suprapto.

“Jika dirinci, personel keamanan terdiri dari 266 personel dari BKO TNI dan Polri, 879 personel dari petugas keamanan internal PT KAI DAOP I,” tambah Suprapto. “Tenaga keamanan dari TNI dan Polri terdiri dari Garnisum 20 personel, Polda Metro Jaya 134 personel, Polda Jabar 56 personel, dan Polda Banten 56 personel, sedangkan dari pihak PT KAI terdiri dari tenaga Polsuska 243 personel dan PKD 636 personel.”

Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, telah menyampaikan bahwa pihaknya memang akan meningkatkan keamanan selama musim tahun ini, terlebih beberapa hari lalu terjadi insiden ledakan bom di Kampung Melayu. PT KAI juga mengupayakan secara ketat untuk menjaga secara langsung di titik boarding, sekaligus mengecek lingkungan stasiun.