Mulai dari Shower Room Hingga Hotel Transit, Ini Deretan Fasilitas di Stasiun Gambir

Mulai dari Shower Room Hingga Hotel Transit, Ini Deretan Fasilitas di Stasiun Gambir

Saat ini di setiap yang ada di Indonesia tampaknya terus mengalami pembenahan. Selain Pasar Senen, rupanya juga tak luput dari perbaikan. Stasiun yang terletak di Jl. Medan Merdeka Timur No. 1, , Jakarta Pusat tersebut kini dinilai sudah cukup tertata dan banyak fasilitas umum yang bermanfaat untuk para , mulai dari shower room, locker, musala, dan masih banyak lagi.

Tak tanggung-tanggung, untuk fasilitas tempat ibadah di Stasiun Gambir berjumlah 4 yang terdiri dari 3 musala dan 1 masjid di area parkir. Tiga musala di Stasiun Gambir sanggup menampung sekitar 400 jemaah dan masjid dapat menampung sekitar 500 jemaah untuk melaksanakan ibadah salat.

Bukan hanya tempat ibadah, (KAI) juga merombak fasilitas ruang tunggu penumpang menjadi lebih indah dan nyaman. Bagi ibu-ibu yang menyusui pun diberikan ruang khusus laktasi yang terletak di lantai 1 Stasiun Gambir. “Fasilitas bagi penumpang ini didesain dengan model yang modern, dan futuristik. Jadi nanti orang tidak perlu ke luar negeri untuk lihat atau stasiun yang megah, karena di Gambir pun juga ada,” kata Senior Manajer Humas KAI Daop I Jakarta, Suprapto, seperti dilansir Republika.

Fasilitas lain yang mengalami perubahan paling drastis tentu saja adalah toilet umum. Kini Stasiun Gambir memiliki kamar mandi umum layaknya di mall-mall yang berjumlah 4 bilik, terdiri dari 2 WC duduk dan 2 WC jongkok di toilet wanita dan di toilet pria telah dilengkapi urinoir. Bagi penumpang yang bermalam di dalam kereta dan ingin langsung melanjutkan aktivitas juga disediakan shower room atau tempat mandi umum lengkap dengan laci penyimpanan barang (locker).

Shower and Locker Room tersebut terletak di lantai 1 Stasiun Gambir dan buka selama 24 jam. Di Shower Room juga tersedia pilihan air panas dan air dingin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk menggunakan mandi di Stasiun Gambir, penumpang cukup membayar tarif sebesar Rp 65 ribuan saja, maka akan memperoleh perlengkapan mandi, handuk, pengering rambut, dan setrika uap.

Sedangkan untuk biaya sewa loker di Stasiun Gambir biasanya dihitung berdasarkan durasi penitipan barang. Tarif sewa loker kecil per 2 jam dikenai biaya Rp 5.000, per 12 jam Rp 20.000, dan per 24 biayanya Rp 30.000. Sementara itu, untuk tarif penitipan loker besar dikenai 2 kali lipat dari loker kecil.

Bagi yang ingin beristirahat di kawasan Stasiun Gambir juga tersedia fasilitas akomodasi berupa transit atau yang dinamai Rail Transit Suite, lokasinya ada di lantai 2 Stasiun Gambir sebelah selatan. Rail Transit Suite menyediakan 14 kamar tipe Single, 4 kamar Twin, dan 5 kamar Double dengan fasilitas TV satelit, Wi-Fi, AC, water heater, dan air mineral gratis.

Tarif atau rate kamar dipatok berdasarkan durasi per 6 jam, 8 jam, 12 jam, sampai 24 jam. Biaya sewa kamar tipe single sekitar Rp 290-420 ribuan, sedangkan tipe twin atau double tarifnya berkisar Rp 360-550 ribuan.