Mulai Hari Ini KA Tawang Jaya Rute Semarang-Jakarta Beroperasi Reguler

Suprapto (Humas PT KAI Daop IV Semarang)
Suprapto (Humas PT KAI Daop IV Semarang)

Jakarta (KAI) Daop IV Semarang menambah Semarang-Jakarta mulai hari ini, Jumat (6/4) dengan dioperasikannya KA Tawang Jaya Premium secara reguler. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan di relasi tersebut.

“Relasi Semarang- Jakarta mengalami pertumbuhan sebesar tujuh persen pada tahun lalu. Kami berharap hadirnya KA Tawang Jaya Premium Reguler ini bisa memperlancar mobilitas dari Semarang maupun Jakarta yang ingin menggunakan jasa kereta api,” ungkap Manajer Daop IV Semarang Suprapto, seperti dilansir Tribunnews.

Selama ini KA Tawang Jaya Premium yang berangkat dari Tawang Semarang ke Pasar Senen Jakarta hanya beroperasi sebagai kereta tambahan ketika terjadi kenaikan penumpang. Akan tetapi mulai akhir pekan ini KA dengan 9 gerbong berkapasitas 720 orang tersebut akan beroperasi reguler setiap hari.

KA Tawang Jaya dijadwalkan berangkat dari Stasiun Tawang pada pukul 20.20 WIB dan sampai di Stasiun Pasar Senen jam 03.05 WIB. Selanjutnya kereta akan diberangkatkan lagi dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 06.55 WIB dan tiba di Stasiun Tawang pada jam 13.35 WIB. KA Tawang Jaya Premium reguler berkisar antara Rp 180 ribu hingga Rp 240 ribu.

Menurut Suprapto, jumlah penumpang kereta api di wilayah KAI Daop IV Semarang sendiri dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Bahkan tahun 2017 lalu jumlah penumpang kereta api di wilayah Daop IV Semarang menginjak angka 5.808.033 orang atau naik 15% dari tahun 2016 yang hanya 5.395.516 orang.

Dioperasikannya KA Tawang Jaya secara reguler ini bukan hanya untuk mempermudah mobilitas warga Kota Semarang dan Jakarta yang ingin bepergian saja, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yang hendak berkunjung ke wilayah Jawa Tengah, khususnya ke daerah Pantura (Pantai Utara).