Mulai Sekarang Masyarakat Bisa Beli 4 Tiket KA Lokal Online Lewat 1 Akun

Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta - www.solotrust.com
Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta - www.solotrust.com

Solo – Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, mulai bulan Juni 2019 ini PT Api Indonesia (KAI) menawarkan kemudahan dalam pembelian api () lokal secara . Saat ini masyarakat bukan hanya dapat memesan secara 1 tiket saja, tetapi bisa membeli hingga 4 tiket KA lokal sekaligus lewat satu akun.

Menurut Manajer Humas Daops VI , Eko Budiyanto, langkah ini dilakukan untuk mengakomodir minat masyarakat yang cukup tinggi terhadap KA lokal. Di samping itu, pihak KAI Daop VI juga banyak memperoleh masukan dari masyarakat terkait layanan pembelian tiket secara online untuk KA lokal.

“Dulu kan hanya bisa satu tiket saja. Banyak masukan, kenapa hanya bisa satu tiket. Apalagi untuk keluarga, diharapkan juga bisa membelikan tiket untuk anggota keluarganya sekaligus. Untuk Prameks [Prambanan Ekspres] misalnya, sekarang boleh empat [tiket] untuk penjualan online,” ungkap Eko, Senin (17/6), seperti dilansir Solopos.

Menurut data PT KAI Daop VI Yogyakarta, selama momen arus mudik dan balik tahun 2019 ini penumpang KA lokal dapat mencapai lebih dari 11.000 orang per hari. itu menunjukkan tingginya antusiasme para penumpang yang hendak melakukan perjalanan dengan lokal, terutama KA Prambanan Ekspres relasi Solo-Jogja.

Pemesanan tiket semua KA lokal melalui aplikasi mobile KAI Access sendiri telah dibuka oleh KAI sejak tanggal 1 Maret 2019 lalu. Sementara itu, metode pembayarannya dapat menggunakan aplikasi pembayaran digital LinkAja. Pemesanan tiket KA lokal lewat KAI Access pun cukup mudah, sama halnya seperti memesan tiket KA jarak jauh.

Pertama, calon penumpang dapat mengunduh aplikasi KAI Access lewat Google PlayStore, install aplikasi KAI Access, daftarkan akun di aplikasi KAI Access menggunakan email atau nomor telepon yang masih aktif. Siapkan pula e-KTP sebagai bukti identitas yang dibutuhkan. Selanjutnya pilih menu ‘Local Train’ untuk pemesanan tiket KA lokal. Lalu pilih tanggal keberangkatan yang tersedia. Jika sudah memesan dan melakukan transaksi pembelian tiket, maka akan muncul nama dan nomor identitas akun di halaman e-tiket.

Lakukan pembayaran dengan menggunakan e-wallet LinkAja (jangan lupa install terlebih dahulu aplikasi LinkAja). Jika sudah, nantinya penumpang yang telah memesan tiket lewat KAI Access cukup menunjukkan e-ticket atau bukti transaksi di menu ‘Trips’ tanpa perlu melakukan cetak tiket lagi. Tunjukkan bukti tersebut pada petugas dan petugas akan melakukan proses boarding dengan men-scan e-ticket.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*