Mulai Uji Coba, PT KAI Siapkan Gerbong Khusus untuk Sepeda

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) siapkan gerbong khusus untuk mengangkut sepeda
PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) siapkan gerbong khusus untuk mengangkut sepeda - tribunnews.com

/ Kabar gembira untuk masyarakat yang hobi naik sepeda atau bersepeda jarak jauh. Pasalnya, () kabarnya sudah menyiapkan khusus untuk mengangkut sepeda. khusus tersebut baru saja diujicobakan di lintasan terbatas, yakni pada KA Parahyangan Jakarta-Bandung.

Dilansir Warta Kota, dalam sebuah video yang tersebar di media sosial pada hari Kamis (2/5) kemarin, terlihat sebuah gerbong barang PT KAI dengan bagian pintu samping diberi logo sepeda. Situs REDigest.com menyebutkan bahwa gambar logo sepeda tersebut ada di kereta pembangkit P 0 19 03 milik Dipo Kereta Bandung. Nah, PT KAI disebut-sebut akan mengoperasikan sepeda ini di .

Sebenarnya, rencana untuk menyiapkan gerbong khusus sepeda sudah lama didengungkan. Pada Januari 2019 lalu, PT KAI telah mempertimbangkan usulan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk membuat gerbong khusus sepeda, sehingga bisa sekalian berwisata menggunakan sepeda mereka.

“Ini pernah diusulkan oleh Pak Ridwan Kamil. Secepatnya kalau bisa, ini sedang kami kaji,” ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, dikutip Detik Finance. “Kami akan memberikan satu gerbong khusus untuk sepeda guna memudahkan saat penumpang sudah tiba di destinasi. Jadi, penumpang saat sampai di Bandung, tinggal menurunkan sepeda.”

Selama ini, PT KAI memang baru memperbolehkan sepeda lipat untuk dapat dibawa masuk ke gerbong penumpang. Sementara, sepeda standar harus dibawa tersendiri dengan jasa ekspedisi PT KAI atau ekspedisi lainnya yang juga menggunakan . Kendati demikian, aturan di lapangan tidak ditetapkan sepenuhnya.

Kemudian, sekitar bulan Februari kemarin, kereta pembangkit P 0 19 03 milik Dipo Kereta Bandung dibawa ke Balai Yasa Manggarai untuk menjalani modifikasi guna mendukung pengangkutan sepeda dengan kereta. Gambar sepeda berwarna putih tampak di dinding kereta api, yang menandakan kereta pembangkit ini dapat digunakan untuk mengangkut sepeda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*