Musim Mudik dan Balik Lebaran, Penumpang KA Prameks Justru Menurun

Berbeda dengan kebanyakan lain yang mengalami pada masa dan balik lebaran. KA Lokal () malah menurun jumlah penumpangnya hingga 13% jika dibandingkan dengan masa lebaran tahun lalu (2014). Surono, Manajer Komunikasi Perusahaan menuturkan bahwa penurunan volume ini ditengarai bukan karena penurunan minat masyarakat untuk menggunakan moda kereta Prameks, namun murni karena pemangkasan kapasitas dari penggunaan armada kereta yang baru. “Penurunan volume KA Prameks itu disebabkan perbedaan jenis kereta yang digunakan,” terang Surono.

Surono menyatakan bahwa pada lebaran tahun lalu, KA Prameks masih menggunakan rangkaian kereta lama Non-AC yang berkapasitas 800 penumpang sedangkan pada lebaran tahun ini telah menggunakan rangkaian (Kereta Rel Diesel Elektrik) baru ber-AC yang kapasitasnya hanya sebesar 450 penumpang. Akibatnya, volume penumpang KA Prameks juga ikut terpangkas menjadi 19.787 orang pada tahun ini, menyusut dari jumlah tahun lalu yang mencapai 22.785 orang.

Di luar fenomena Prameks, besar Purwokerto tetap mencatat peningkatan jumlah penumpang di masa lebaran 2015. Terhitung sejak H-7 hingga H+8 lebaran, sudah ada 71.696 penumpang yang diberangkatkan dari besar Purwokerto. Tahun ini, jumlah penumpang meningkat sebanyak 22% dari tahun 2014 lalu. “Pada lebaran 2014 tercatat hanya 58.766 penumpang,” tambah Surono.

1 Comment

Komentar ditutup.