Musim Mudik, Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi Ludes Terjual

Mudik lebaran - www.merdeka.com

Jember – Tingginya minat masyarakat yang hendak ke kampung halaman rupanya membuat kelas , terutama tujuan jarak pendek di wilayah PT Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember habis terjual pada Sabtu (9/6) kemarin. kereta api kelas ekonomi yang terjual habis adalah untuk keberangkatan mulai tanggal 9-15 Juni 2018 yang merupakan puncak arus .

Berdasarkan dari PT KAI Daop 9 Jember, tiket kereta api yang telah ludes terjual adalah KA rute Pasuruan-Jember Lokomotif Probowangi dan Sri Tanjung. Data tersebut juga tercantum di resmi PT KAI. Walau demikian, tiket perjalanan dengan lokomotif lainnya untuk tujuan yang sama masih tersedia meski dengan harga yang dibanderol lebih tinggi dan ketersediaan yang juga sudah mulai menipis jumlahnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 9, Luqman Arif menjelaskan, meskipun sejumlah tiket kereta api terpantau habis terjual, tidak ada peningkatan yang terlalu signifikan untuk Lebaran 2018, terutama pada jalur pendek. “Peningkatan terjadi di jalur mudik jarak jauh,” papar Luqman, seperti dilansir Kumparan.

Pihak PT KAI sendiri sebelumnya telah meminta calon pengguna jasa untuk mengecek ketersediaan tiket melalui website atau minimarket. “Banyak juga masyarakat yang memesan tiket dari maupun supermarket untuk mempercepat pemesanan tiket,” ungkap Luqman.

Tak jauh berbeda dengan PT KAI Daop 9 Jember, tiket kereta api di wilayah PT KAI Divre III Palembang juga kabarnya telah habis terjual. Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menjelaskan bahwa tujuan kedatangan dan keberangkatan yang paling banyak adalah Palembang-Tanjung Karang, Tanjung Karang-Palembang dengan angka kumulatif antara 1.000-4.000 .

“Sekarang memang kereta api menjadi kendaraan favorit karena sudah tepat waktu berbeda dengan tahun sebelumnya yang sering adanya keterlambatan,” kata Aida. Saat ini tiket kereta yang terjual sejak H-10 hingga H+9 Lebaran telah mencapai 81%. Dari keseluruhan tiket, kereta kelas ekonomi masih menjadi favorit masyarakat.

“Artinya, tersisa 19 persen lagi tiket yang masih ada itu data hari Rabu (6/6), kalau ditotal saat ini masih cukup, sekitar 10 ribu tiket yang tersisa, ingat itu bukan yang 19 persen,” bebernya. Adapun untuk tiket KA ekonomi Rajabasa dan Serelo telah habis untuk tanggal keberangkatan 6-25 Juni 2018. Sedangkan kelas dan bisnis telah habis pada tanggal-tanggal tertentu.