Railink: Naik KA Bandara Tak Perlu Rapid dan Swab Test

Calon penumpang tidak perlu melakukan rapid test atau swab test saat naik KA Bandara - detik.com

JAKARTA – Sejak kembali dioperasikan, banyak yang bertanya-tanya apakah perlu melakukan rapid test atau swab test terlebih dahulu sebelum bepergian menggunakan KA atau tidak. selaku operator menjelaskan bahwa calon tidak perlu melakukan rapid test atau swab test sebagai syarat karena bukan merupakan jarak jauh.

“KA bandara masuk dalam KA antar-kota ya, jadi tidak wajib rapid test atau PCR/swab,” papar PYMT Direktur Komersial PT Railink, Anggoro Tri Wibodo, dilansir dari Bisnis. “KA bandara saat ini juga bisa digunakan sebagai antar-kota yang tidak memiliki kepentingan untuk terbang. Persyaratan ditujukan bagi penumpang yang tiba di bandara dan terbang menggunakan pesawat. Namun, memang stasiun KA bandara juga menyediakan fasilitas bagi penumpang yang bertujuan terbang.”

Selain itu, untuk para traveler serta penggemar gowes, saat ini juga bisa bersepeda dari daerah Tangerang dan menaikkan sepeda lipat mereka ke dalam KA bandara untuk lanjut bersepeda di Jakarta dan sebaliknya. “Kami juga memberikan fasilitas yang sangat mempermudah bagi pencinta gowes, baik di stasiun maupun di dalam kereta untuk membawa sepedanya,” sambung Anggoro.

Sejak kembali pada bulan Juli 2020 kemarin, tingkat okupansi KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta memang terus menunjukkan kenaikan yang signifikan. Sepanjang bulan pertama dijalankan kembali, tingkat keterisian penumpang KA Bandara Soekarno-Hatta diklaim sudah mencapai 18.786 orang atau naik hingga 93 persen.

Sementara itu, di Medan, KA Bandara Internasional Kualanamu Medan sudah mengangkut 5.315 penumpang sejak dioperasikan kembali pada 1 Agustus 2020 lalu. Selama masa pandemi, KA Bandara Kualanamu juga ada penyesuaian perjalanan menjadi 10 perjalanan sehari. Ada perubahan yang efektif mulai September ini. 

Manager PT Railink cabang Medan, Arliandy, mengatakan bahwa untuk September ini, jadwal KA Bandara Medan-Kualanamu adalah pukul 06.45, 10.10, 12.00, 14.35, dan 16.30 WIB . Sementara, untuk Kualanamu-Medan, keberangkatan pukul 09.30, 11.10, 13.45, 15.40, dan 17.45 WIB. “Kami juga masih memberikan untuk para pengguna KA bandara, yakni hanya Rp50 ribu per sekali perjalanan,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*