November 2015, Giliran Jalur KA Trans Sulawesi bakal Diresmikan oleh Presiden

Setelah sukses meresmikan Trans Sumatera, kini giliran Presiden Joko Widodo untuk meremikan proyek yang sama di Sulawesi. Proyek jalur KA ini rencananya akan segera diresmikan pada pertengahan November 2015 mendatang. Peresmian oleh Presiden ini merupakan penanda untuk dimulainya pengerjaan proyek pertama di Sulawesi Selatan yang menghubungkan kota makassar dengan Pare-pare.

Agus Arifin Nu’mang selaku Wakil Gubernur Sulsel menyatakan bahwa pihaknya sedang merampungkan persiapan pembantalan awal jalur kereta api tersebut. Hal yang dipersiapkan adalah termasuk pemasangan sepanjang puluhan kilometer (km). Untuk saat ini, pihaknya masih berfokus pada pemasangan kereta api sepanjang 16 km yang akan dibentangkan di kabupaten Barru.

Agus optimis bahwa pemasangan rel ini akan selesai sebelum tiba kedatangan Presiden.  “Kami sudah genjot pengerjaannya sampai saat ini. Dan itu sudah berjalan lancar. Insya Allah, bisa selesai sebelum Pak Presiden datang,” ujarnya saat diminatai keterangan di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa kemarin (20/10).

Di tempat berbeda, Kepala Dinas Perhubungan Makassar Ilyas Iskandar menyebutkan bahwa bantalan rel kereta api baru akan tiba di Makassar pada 20 November mendatang. Dalam acara peletakan bantalan rel tersebut, rencananya juga akan dihadiri oleh Presiden. “Insya Allah, ini (acara peletakan bantalan rel) akan dihadiri Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Sebelumnya, pembantalan rel Kereta Api di Makassar sempat ditunda pelaksanaannya karena bertepatan dengan acara perhelatan Muktamar Muhammadiyah di Makassar.