KA Bandara Yogyakarta Diminta Beroperasi Setiap Sejam Sekali

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan - Official NET News
Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan - Official NET News

YOGYAKARTA – Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport atau YIA) ditargetkan dapat beroperasi penuh pada tanggal 28 Maret 2020 mendatang. Untuk itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meminta PT Indonesia () mengoperasikan KA setiap satu jam sekali dari Tugu Yogyakarta menuju Wojo di Purworejo, Jawa Tengah.

“Setiap satu jam ada yang berangkat dari Tugu ke Wojo. Dari Wojo, terus naik Damri (ke Bandara YIA). Itu kira-kira totalnya () mereka 45 menit sampai 1 jam,” ujar Budi, Senin (17/2) kemarin, dilansir Antara. “Hal tersebut mengingat belum adanya akses jalan tol serta jalur kereta api khusus yang terkoneksi langsung dengan Terminal Bandara YIA.”

Selain itu, untuk mendukung akses menuju bandara, Budi meminta pihak Damri menyediakan armada khusus dari Yogyakarta menuju Bandara YIA di sejumlah titik, antara lain di Jogja City Mal, Hartono Mall, dan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia meminta setiap setengah jam ada bus Damri. “Setengah jam ada atau tidak ada , jalan,” sambung Budi.

Budi sendiri memastikan bahwa Bandara YIA akan beroperasi penuh pada Maret 2020 atau menyongsong 2020. Saat ini, progres telah mencapai 98 persen, memasuki tahap penyelesaian bagian-bagian kecil di bandara tersebut. Ia pun masih memberikan kesempatan bagi maskapai penerbangan untuk melakukan berbagai persiapan.

KA Bandara YIA sendiri sudah beroperasi sejak bulan Mei 2019 lalu. KA bandara ini masih menggunakan rangkaian KA Solo Ekspres dengan perjalanan yang menyesuaikan jadwal penerbangan di bandara baru tersebut. Transportasi tersebut memberikan layanan perjalanan dari Stasiun Maguwo menuju Stasiun Wojo. Namun, sebelum berhenti di Stasiun Wojo, kereta akan melewati Stasiun Tugu dan Stasiun Wates terlebih dahulu.

Menurut data PT , jadwal KA Bandara Yogyakarta dari yang sebelumnya hanya ada 2 perjalanan sehari, yakni relasi Maguwo-Wojo, kini bertambah jadi 20 perjalanan relasi Yogyakarta-Wojo mulai tanggal 1 Desember 2019 lalu. Tak hanya relasi Yogyakarta-Wojo, KA Bandara juga memperpanjang trayeknya dengan relasi Yogyakarta-Kebumen menjadi 4 perjalanan sehari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*