Operasional Kereta Lebaran Tambahan Diperpanjang Seminggu

memperpanjang masa operasi tambahan. Dua kereta eksekutif jurusan Jakarta Gambir dijalankan sampai Minggu pekan depan (10/8). Yakni, KA Gumarang dari Surabaya Pasar Turi dan Gajayana dari Malang.

Paket Lebaran 2014 sedianya melayani sampai H+7 pada Selasa (5/8). ’’Perpanjangan masa operasi KA Gumarang dan KA Gajayana mengakomodasi permintaan tinggi masyarakat selama masa arus balik,’’ jelas Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Sumarsono (3/8). Dua KA tambahan Lebaran di luar KA reguler itu masing-masing berkapasitas 350 tempat duduk dengan tarif komersial.

Selama masa Lebaran, kereta jurusan jarak jauh dan jarak menengah dari daop 8 hampir selalu ludes. Tambahan kereta ekstra Lebaran belum mengakomodasi moda umum berbasis rel tersebut. Apalagi kereta via jalur utara Pulau Jawa mengalami peningkatan volume setelah double track bisa dilintasi dari Jakarta–Kandangan, Surabaya mulai Mei 2014.

Peningkatan jumlah secara akumulatif di DAOP VIII diprediksi akan mencapai 20 persen. Lonjakan tertinggi justru dialami kereta lokal. Walaupun jumlah tiket KA jarak jauh tidak dijual melebihi okupansi 100 persen, operator tetap membatasi load factor kereta lokal maksimal 107 persen. Sedangkan dispensasi muatan kereta ekonomi lokal mencapai 150 persen.

Hal senada dilontarkan Kepala Stasiun Gubeng M. Sofwan. Kemacetan jalan protokol di seputaran Jatim selama musim Lebaran menyebabkan masyarakat beralih ke moda . “Dibandingkan Lebaran 2013, pengguna kereta lokal tahun ini meningkat sekitar 15 persen,” tutur Sofwan. Berdasar grafik KA terbaru yang mulai berlaku 1 Juni 2014, sedikitnya 16 KA jarak jauh reguler dan 18 KA lokal bertolak dari Gubeng.

Dari Stasiun Pasar Turi, masing-masing ada enam KA jarak jauh reguler dan lima KA lokal. Volume penumpang di daop 8 selama tiga hari setelah Idul Fitri bahkan di atas 33 ribu. Jumlah itu melebihi puncak arus mudik H-2 pada Sabtu (26/7) yang mencapai 31.292 penumpang.

Dalam perkembangan lain, masa angkutan Lebaran moda kereta yang didukung posko KA di stasiun-stasiun besar akan diperpanjang selama sepekan ke depan. Kebijakan itu menyusul tingginya penumpang balik sampai H+5 kemarin masih tinggi. DAOP VIII Surabaya menaungi 12 kabupaten/kota di Jatim. Batasnya dari Bojonegoro ke timur sampai Bangil, Pasuruan, dan ke selatan sampai Blitar. (JP/YUD)

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.