Pasca Anjlok, KRL di Stasiun Jakarta Kota Sudah Kembali Beroperasi

Eva Chairunnisa, Vice President Manager Komunikasi PT KCJ
Eva Chairunnisa, Vice President Manager Komunikasi PT KCJ

Jakarta – Pada Kamis (14/9) kemarin sekitar pukul 09.40 WIB Commuterline jurusan Jakarta Kota-Bekasi anjlok di kawasan Jakarta Kota. Karena insiden anjlok tersebut, bernomor KA 1340 tersebut terpaksa dialihkan.

“Jabodetabek (KCJ) memohon maaf atas gangguan dampak anjlokan. Hingga pukul 11.00, proses evakuasi yang anjlok masih dikerjakan ,” kata Kepala Humas Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa, Kamis (14/9), seperti dilansir Liputan 6.

Saat proses evakuasi berlangsung, KRL dari arah Bogor tujuan Jakarta Kota dan sebaliknya terpaksa dialihkan lewat jalur Sudirman-Tanah Abang-Kampung Bandan-Jakarta Kota. Sedangkan beberapa perjalanan hanya berhenti hingga Stasiun Manggarai dan kembali ke Bogor.

Sedangkan commuter line dari arah Bekasi menuju Jakarta Kota dan sebaliknya sebagian dialihkan ke lintas Pasar Senen-Kampung Bandan, dan sebagian perjalanan yang lain hanya beroperasi hingga Stasiun Manggarai. “Mengingat proses evakuasi membutuhkan waktu lebih dari satu jam, PT KCJ mengimbau pengguna yang tidak dapat menunggu perbaikan dapat menggunakan alternatif angkutan lainnya. Apabila telah melakukan transaksi pembatalan perjalanan juga diperkenankan di stasiun terdekat,” ucap Eva.

Pihak PT KCJ pun mengimbau para untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan dirinya agar tidak naik kereta jika KRL sedang padat . “Adapun pengguna yang akan menggunakan jasa KRL diimbau tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan dengan tidak memaksakan diri naik apabila KRL dalam kondisi padat,” tegasnya.

Setelah proses evakuasi rampung pada pukul 11.55 WIB, jalur 12 di Stasiun Jakarta Kota telah kembali beroperasi untuk melayani para pengguna jasa KRL. Saat ini Stasiun Jakarta Kota sudah dapat melayani KRL dari arah Bogor dan Bekasi. Meski demikian, perjalanan dari Bogor dan Bekasi menuju Jakarta Kota sebagian masih diarahkan ke jalur alternatif seperti Tanah Abang-Kampung Bandan. Sementara itu, sebagian perjalanan KRL yang lain tetap ada yang berhenti hanya di Stasiun Manggarai.