Pasca Longsor, Jalur Kereta Api di Ciamis Masih dalam Tahap Penyempurnaan

Ciamis – Pasca yang terjadi di selatan pada hari Sabtu lalu (12/3), di Kabupaten Ciamis kembali dibuka pada keesokan harinya (13/3).

“Sudah bisa dilewati kereta api meskipun jalur masih berlangsung,” ujar Zunerfin, Kepala Humas Bandung, sebagaimana dikutip oleh Antara, Minggu (13/3).

Bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Cidewa, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing menjadi penyebab kereta api tidak dapat melintas. Dengan cekatan, tim dari PT KAI segera melakukan perbaikan pada jalur tersebut agar segera dapat dilewati oleh kereta api. Hasilnya, perbaikan jalur selesai dan kereta api telah dapat kembali melintas pada hari Minggu pagi.

“Kereta api pertama lewat Turangga sekitar pukul 09.13 WIB sudah melalui jalur yang longsor,” terang Zunerfin.

Meski begitu, Zunerfin menjelaskan bahwa kereta yang melintas di jalur ini tidak diperbolehkan melaju dalam kecepatan tinggi karena jalur rel masih dalam tahap penyempurnaan.

“Kecepatannya masih terbatas,” jawab Zunerfin singkat.

Sebelumnya, hujan deras telah mengguyur Kabupaten Ciamis dan menyebabkan tanah tebing setinggi 5 meter di sekitar rel longsor. Akibatnya, pemberangkatan kereta api dari Bandung menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur harus dialihkan ke jalur lintas Cirebon di sebelah utara.