Pembangunan Jalur KA di Bandara Minangkabau Selesai Pertengahan 2016

Dalam kunjungannya ke Kota Padang, kemarin (10/10), Presiden melakukan inspeksi terhadap pembangunan yang menghubungkan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dengan Duku di Sumatera Barat. Jalur KA sepanjang 23 kilometer itu rencananya akan menghubungkan BIM dengan sejumlah di Kota Padang.

“Nanti semua airport dihubungkan dengan kota, entah (menggunakan) kereta api (atau jalur darat),” terang Presiden RI yang akrab disapa Jokowi ini. Presiden juga menegaskan bahwa pembangunan jalur KA BIM – Stasiun Duku ini ditargetkan akan selesai pada pertengahan tahun 2016.

Dari keterangan Ignasius , diketahui bahwa proyek ini memanfaatkan mayoritas jalur yang sudah ada. Misalnya, dari Stasiun Padang menuju Stasiun Duku, dari Stasiun Duku menuju halaman Bandara BIM yang tersambung oleh jalur kereta api sepanjang ±4 Km. “Jadi nanti ada stasiun (di Bandara BIM) juga, Stasiun Duku juga sedang dibangun. Jadi alternatif, masyarakat bisa gunakan jalan darat atau kereta api,” ujarnya.

Sebelumnya, tepat pada bulan Agustus 2015 lalu, Pemprov Sumatra Barat bersama Ditjen Perkeretaapian, Ditjen Perhubungan Udara, dan (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) sekaligus Ground Breaking Pembangunan Stasiun KA Bandara Internasional Minangkabau (BIM).