Pembangunan Jalur KA di Papua Barat Ditargetkan Tuntas 2019

Manokwari – yang tengah dibangun di Barat sedianya akan menghubungkan 6 kabupaten di wilayah tersebut, diantaranya Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, Teluk Bintuni, Manokwari Selatan dan Kabupaten Manokwari. Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Barat Irene Manibuy di Sorong, Minggu (1/5).

“Sesuai hasil presentasi Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, jalur kereta api akan dimulai dari Kota Sorong karena infrastruktur Sorong sangat memadai,” ujarnya.

Irene menambahkan, pemilihan Kota Sorong sebagai lokasi start pembangunan jalur kereta api juga dikarenakan medannya yang lebih mudah dilewati dibandingkan medan di kota lain yang bertopografi pegunungan.

Pembangunan jalur kereta api selanjutnya akan mengarah ke Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan dan Maybrat. Lalu, lanjut ke Kabupaten Teluk Bintuni hingga tembus ke Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Manokwari.

Jika sudah tersedia, pembangunan jalur kereta api di Provinsi Papua Barat akan segera dimulai pada Juli 2016. Pemprov Papua Barat akan memfasilitasi dan melakukan koordinasi dengan masyarakat pemilik serta pihak-pihak terkait lainnya agar pembangunan jalur kereta dapat segera terlaksana.

pusat menargetkan pembangunan jalur kereta api di Provinsi Papua Barat yang menghubungkan enam daerah tersebut tuntas di tahun 2019,” kata Irene.

Dalam kesempatan yang sama, Irene mewakili pemerintah dan masyarakat Papua Barat menyampaikan terimakasihnya pada Presiden Joko Widodo karena telah memprioritaskan pembangunan infrastruktur di Papua Barat.

“Presiden Jokowi tidak hanya janji tetapi dibuktikan secara nyata (dengan) memprioritaskan pembangunan infrastruktur di Papua Barat seperti Terminal Bandara DEO yang diresmikan Republik Indonesia Ignasius Jonan Sabtu lalu,” pungkasnya.