Pembatalan Tiket KA Prameks & KA Lokal Merak di Loket KAI Commuter

Pembatalan Tiket KA Prameks & KA Lokal Merak di Loket KAI Commuter
KA Prameks sebelum pensiun - jatengdaily.com

JAKARTA – Informasi penting bagi masyarakat yang sudah terlanjur membeli KA Prambanan Ekspres (KA ) dan KA Lokal dan ingin melakukan pembatalan. Per tanggal 1 April 2021 lalu, PT Indonesia () hanya melayani pembatalan tiket KA Prameks dan KA Lokal Merak di loket tiket KAI Commuter dan tidak bisa dilakukan di loket tiket KAI.

“Perubahan proses refund KA Prameks & Lokal Merak. Mulai 1 April 2021, pembatalan tiket KA Prameks & Lokal Merak hanya bisa dilakukan & dilayani di loket tiket KAI Commuter & tidak bisa di loket KAI,” demikian tulis PT KAI dalam akun Twitter resmi mereka. “Jgn lupa, walaupun naik KA Lokal tetap patuhi protokol .”

Seperti diketahui, KA Prameks relasi Yogyakarta-Solo PP resmi ‘pensiun’ pada tanggal 10 Februari 2021 lalu. Operasional kereta api tersebut digantikan KRL Yogyakarta-Solo. Meski demikian, kereta api tersebut tetap beroperasi, tetapi hanya melayani rute Yogyakarta-Kutoarjo PP dengan harga tiket Rp8.000. Kereta api tersebut melayani naik dan turun di lima , yakni Stasiun Tugu, Stasiun Wates, Stasiun Wojo, Stasiun Jenar, dan Stasiun Kutoarjo.

Sementara itu, KA Lokal Merak sudah kembali beroperasi sejak Agustus 2020 lalu setelah sebelumnya sempat terhenti lantaran pandemi . Kala itu, seperti disampaikan Kepala Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta, Eva Chairunisa, pengoperasian KA Lokal Merak sudah melalui evaluasi terhadap pelayanan di era adaptasi kebiasaan baru dan tetap disertai protokol kesehatan yang ketat.

“Dengan memberlakukan okupansi hanya 75 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen, serta pembatasan jam operasional,” terang Eva kala itu, seperti dikutip dari Kompas. “Normalnya KA Lokal Merak beroperasi sebanyak 12 perjalanan pulang pergi setiap harinya. Kini pada pengoperasian di masa era adaptasi kebiasaan baru KA Lokal Merak untuk sementara baru melayani 8 perjalanan setiap hari.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*