Penumpang Kereta yang Terdampak PPKM Darurat Bisa Ajukan Pembatalan Via KAI Access

Joni Martinus, VP Public Relations PT KAI - www.jurnas.com
Joni Martinus, VP Public Relations PT KAI - www.jurnas.com

yang -nya terdampak oleh PPKM Darurat dapat mengajukan dana pengembalian (refund) 100 persen melalui KAI Access. Setidaknya ada sejumlah panduan pengembalian uang tiket yang perlu diperhatikan.

“Untuk kemudahan , pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access sehingga tidak perlu keluar rumah di masa PPKM Darurat ini,” kata VP Public Relations Joni Martinus, Kamis (15/7), seperti dilansir Detik.

Seperti diketahui, di masa PPKM Darurat ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) memutuskan untuk mengurangi perjalanan KA. Untuk para calon yang sudah terlanjur membeli tiket, tetapi perjalanannya dibatalkan oleh KAI, maka biaya tiket akan dikembalikan secara penuh tanpa potongan. Nantinya pelanggan akan dihubungi oleh Contact Center 121 mengenai proses pembatalan tiketnya.

Pelanggan yang melakukan pembatalan tiket lewat aplikasi KAI Access bisa melakukan hingga 3 jam sebelum jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Sedangkan untuk pembatalan tiket di bawah 3 jam sampai H+30 dari tanggal yang tertera pada tiket, maka bisa dilakukan melalui loket atau Contact Center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121.

Sedangkan untuk pelanggan yang kereta apinya masih beroperasi tetapi ingin membatalkan perjalanan dapat melakukannya juga via KAI Access dan loket stasiun. Batas maksimal pembatalan tiket melalui KAI Access adalah sampai dengan 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api, sedangkan jika melalui loket stasiun batas maksimalnya adalah 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api. “Bagi calon pelanggan yang membatalkan tiket kereta api karena keinginan sendiri, maka bea tiket akan dikembalikan 75%,” papar Joni.

Nantinya bea tiket yang dilakukan via KAI Access akan dikembalikan dengan skema transfer, paling lambat 14 hari dari tanggal proses pembatalan. Pengembalian bea tiket dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di kode booking tiket yang dibatalkan. nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*