Pemberhentian Jadwal KA Madiun Jaya Kembali Diperpanjang

Pemberhentian yang direncanakan hingga tanggal 12 November, terpaksa harus diperpanjang oleh pihak PT Indonesia (KAI) Daop VI Jogja. KA Madiun Jaya kembali dioperasikan direncanakan pada Selasa, 19 November 2013.

Agus Komarudin, Manager Humas PT KAI Daop VI Jogja mengungkapkan bahwa pihaknya pada beberapa hari yang lalu telah melakukan ujicoba KA Madiun Jaya dari Lempuyangan hingga Klaten. Namun ujicoba KA Madin Jaya ini masih ditemukan adanya kesalahan dari lajunya. “Tetapi setelah uji coba itu ternyata masih ada beberapa hal yang kurang maksimal dan harus masuk lagi ke Balai Yasa Jogja, untuk menjalani perbaikan,” kata Agus, saat dihubungi solopos.com.

Sejak 16 Oktober lalu jadwal KA Madiun Jaya telah dihentikan operasinya karena adanya alasan maintanance. KA Madiun Jaya yang melayani Madiun – Solo – Jogya ini merupakan salah satu kereta alternatif pengganti Prambanan Ekpress (prameks) dan KA Sriwedari. 30 % hingga 40% penumbang berasal dari wilayah Solo dah Jogja.

Jadwal KA Madiun Jaya yang dihentikan menurut Agus telah menghilangkan pendapatan PT KAI Daop VI jogja. Pihaknya memprediksikan setiap hari sekitar Rp34,5 juta pendapatan PT KAI hilang akibat pembatalan jadwal ini.

Selama jadwal KA Madiun Jaya dioperasikan PT KAI selalu mencatat bahwa tingkat keterisian penumpang cukup tinggi. “Bisa sampai 100% dengan jumlah kursi 308 sit. Karena ini kereta lokal, kadang load factor itu bisa mencapai 150% atau 462 penumpang. Itu sudah maksimal.”

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.