Pemerintah Gandeng Perusahaan Cina Untuk Pengembangan Tol Dan Kereta Api

JAKARTA – (KAI) bersama PT Jasa Marga telah sepakat meneken kerja sama dengan perusahaan asal Tiongkok. Dua badan usaha milik negara () tersebut menandatangani nota kesepahaman () pembentukan tim kerja (working group) dengan konsorsium China Investment Fund (CIF).

ini dilakukan untuk pengembangan jasa perkeretaapian dan jalan tol di Indonesia. Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (3/10) dan disaksikan langsung oleh Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan serta Dubes China untuk Indonesia Xie Feng.

Menanggapi hal tersebut, Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengharapkan kesepakatan kerja sama ini menjadi langkah awal yang baik untuk masa depan kedua negara dalam pengembangan sektor publik. Namun, untuk detil rencana -proyek yang akan dikerjasamakan termasuk nilai investasinya belum dapat diungkapkan.

“Kerjasama yang ditandatangani ini meliputi China Railway dengan KAI dan konsorsium CIF dengan Jasa Marga. Detil kerangka kerjasama dua sektor ini diharapkan bisa diiplementasikan dan didiskusikan lebih lanjut dalam beberapa bulan ke depan,” ujar Sofyan sebagaimana dilansir jpnn.

Sementara itu, Duta Besar untuk Indonesia, Xie Feng, dalam kesempatan yang sama juga berharap kesepakatan tersebut dapat menjadi permulaan yang baik bagi pengembangan kerjasama kedua negara yang dapat menguntungkan kedua pihak.

“Semoga nantinya bisa dilanjutkan dengan bentuk kerja sama yang nyata,” kata dia seperti dikutip Tempo.