Pemerintah Impor Sapi, PT KAI Siapkan KA Khusus

Menindaklanjuti keputusan untuk mengimpor sapi dari negara tetangga, PT KAI bersiap mengadakan khusus untuk moda pengangkutannya. Sesuai dengan rencana, sapi-sapi yang direncanakan masuk dari Tanjung Priok di akan diangkut ke Tanjung Intan di Cilacap, Jawa Tengah.

existing bisa dilaksanakan, tinggal melengkapi infrastruktur bongkar muat dan armada gerbongnya,” ujar Surono yang menjabat sebagai Manajer Corporate Communication PT KAI Daerah Operasional 5 Purwokerto dalam pesan tertulisnya, Rabu (6/10).

Dari penuturan Surono, diketahui bahwa volume sapi asal yang masuk ke pelabuhan Tanjung Intan terus meningkat. “Jika pada tahun 2012, sapi yang masuk baru 18.085 ekor dari 9 kali pengiriman, maka pada tahun 2013 meningkat menjadi 20.720 ekor dari 13 kali pengiriman. Kemudian di tahun 2014, jumlah sapi impor yang masuk mencapai 27.195 ekor dari 14 kali pengiriman. Sementara di tahun 2015 sampai awal Oktober, tercatat sebanyak 16.112 ekor sapi yang masuk dari 8 kali pengiriman,” rincinya.

Kepala Seksi Pelayanan Operasional Karantina Pertanian Kelas I Cilacap Dadang Abdulah juga menjelaskan jika keseluruhan sapi impor yang masuk ke pelabuhan Tanjung Intan akan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Barat. “Jumlahnya bisa mencapai 150.000 ekor sapi pertahun,” ungkap Dadang.