Jelang Libur Akhir Tahun, Pemesanan Tiket KA Wisata Meningkat

Kereta Api Pariwisata - republika.co.id
Kereta Api Pariwisata - republika.co.id

BANDUNG – Pemesanan pariwisata alias KA Wisata menjelang libur akhir tahun (Natal dan Tahun Baru) mendatang perlahan mengalami kenaikan. Mayoritas pemesan adalah lembaga pemerintahan, corporate, dan keluarga yang hendak melakukan kunjungan atau dengan yang dilakukan secara privat.

“Saat ini, pemesanan untuk periode Desember 2020 mulai terjadi. Mayoritas pemesan adalah pemerintahan, corporate, dan keluarga,” papar Plt. Direktur Operasi PT Indonesia Pariwisata (KAI Wisata), Raden Agus Dwinanto Budiadji, dikutip dari Republika. “Kami perkirakan, trennya akan terus meningkat, terutama untuk perjalanan paket wisata, meeting, dan hotel. Jadi, memang semakin banyak yang ingin menikmati perjalanan secara privat.”

Ia menambahkan, sejak KA Wisata kembali beroperasi di masa adaptasi kebiasaan baru, pihaknya mencatat ada kenaikan jumlah sekitar 15 persen. Selama periode Agustus hingga Oktober 2020, kereta api tersebut telah melakukan 122 perjalanan dengan volume penumpang mencapai 1.400- orang. “Kapasitas penumpang KA Wisata tetap kami batasi sesuai regulasi , yakni 70 persen dari tempat duduk normal sebanyak 22 kursi, untuk mencegah terjadinya penyebaran kasus COVID-19,” sambung Raden Agus.

“Selain tren wisata menggunakan kereta, beberapa penumpang KA Wisata juga menggunakan kereta sebagai tempat meeting atau rapat. Alasannya karena KA Wisata didesain dengan ruang privat dan kapasitas penumpang yang terbatas untuk menikmati wisata eksklusif di dalam kereta,” tambahnya. “(Beberapa) instansi pemerintahan memang mengagendakan rapat dan kunjungan sekaligus di atas kereta.”

Untuk mengantisipasi penumpang yang mungkin terjadi pada momen Natal dan Tahun Baru mendatang, Humas KA Wisata, Ilud Siregar, menuturkan bahwa pihaknya akan menambah perjalanan kereta menjelang liburan akhir tahun. Sayangnya, ia belum memberikan bocoran kapan dan berapa jumlah kereta tambahan yang disediakan. “Informasinya akan menyusul,” katanya, singkat. 

Pada akhir tahun 2020 ini, memang masa liburan pegawai relatif lebih panjang. Pasalnya, pada April 2020 lalu, pemerintah untuk menggeser cuti bersama ke akhir tahun. Alasannya karena adanya pandemi sehingga masyarakat diimbau tidak melaksanakan mudik Lebaran. Cuti bersama pengganti Hari Raya Idul Fitri dipindahkan ke tanggal 28-31 Desember 2020.