Pemesanan Tiket Kereta Api untuk Natal & Tahun Baru Sudah Dibuka

– Manajer Humas (KAI) Daop 9 Jember, Lukman Arief mengungkapkan libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 untuk jarak menengah dan jauh, baik kelas eksekutif, bisnis, dan sudah dibuka.

“Masyarakat yang akan bepergian untuk merayakan libur panjang Natal dan Tahun Baru bisa memesan kereta api mulai sekarang,” ujar Lukman di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (15/10).

Adapun tiket KA sudah dapat dilakukan sejak 90 hari sebelum keberangkatan untuk KA jarak menengah dan jarak jauh. Sedangkan tiket kereta lokal bisa dipesan 30 hari sebelum keberangkatan.

“Beberapa KA di wilayah Daop 9 yang dilayani pada ‘H-90’ yakni KA Mutiara Timur siang dan malam jurusan -Surabaya (PP), KA Sritanjung jurusan -Yogyakarta (PP), KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto (PP), KA Tawangalun jurusan -Malang (PP), dan KA Probowangi jurusan -Surabaya (PP),” jelasnya.

Sementara itu KA Pandawangi yang melayani rute lokal jurusan Jember-Banyuwangi dapat dilayani pembeliannya mulai H-30 sebelum keberangkatan. “Reservasi tiket KA sudah dapat dilakukan mulai ‘H-90’ di loket , loket agen, minimarket, Contact Center 121 atau secara daring melalui situs dan mobile application,” papar Lukman.

Menurutnya, dengan membeli tiket KA dari jauh-jauh hari memungkinkan pelanggan untuk memilih tempat duduk sesuai selera. “Masyarakat yang membeli tiket KA mendekati hari pemberangkatan tetap bisa memilih tempat duduk, namun tempat duduk seperti yang diinginkan sangat terbatas karena sudah ada lain yang memesan lebih dulu,” ungkapnya.

Menurut data dari Daop 9 Jember, saat liburan akhir tahun banyak wisatawan memakai jasa kereta api untuk bepergian ke Banyuwangi. “Oleh sebab itu, jika kuota tiket kereta habis, kami juga mempertimbangkan untuk penambahan kereta. Itu bersifat kondisional. Di sisi lain, untuk keperluan transportasi pada liburan, jasa kereta api masih menjadi salah satu pilihan utama,” tandas Lukman.