Peminat Meningkat, PT KAI Bakal Tambah 10 Gerbong Sleeper Train

Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) - swa.co.id
Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) - swa.co.id

(KAI) berencana melakukan penambahan 10 kereta sleeper train. Penambahan ini dilakukan seiring dengan tingginya permintaan masyarakat terhadap KA sleeper.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengungkapkan bahwa selama beroperasi, permintaan tempat duduk atau seat untuk sleeper train ternyata terus mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, demi mengakomodir tingginya kebutuhan masyarakat, PT KAI pun berupaya menambah gerbong sleeper train. “Secara singkat, sejauh ini terlihat banyak sekali orang berminat. Kita akan pesan lagi total tambahan 10 untuk sleeper (train),” ujar Edi Sukmoro di Jakarta, seperti dilansir Detik.

Edi menambahkan, meningkatnya permintaan gerbong sleeper train ini juga berkaitan dengan sejumlah yang enggan melakukan perjalanan jarak jauh dengan naik . Pasalnya tidak semua orang berani berada di atas ketinggian. “Dugaan saya banyak juga yang nggak bersedia atau takut untuk naik terbang. Ya alternatifnya naik sleeper ini kan untuk jarak jauh,” papar Edi.

Sementara itu, pengadaan 10 gerbong sleeper train tambahan ini dipesan oleh PT KAI kepada PT Industri (INKA). “Kita pesan ke INKA. Ini buatan anak negeri kita harus bangga,” ucap Edi. Sebagai informasi, sleeper train sendiri adalah mewah dengan kursi tidur yang telah beroperasi sejak Juni 2018 lalu. Karena dilengkapi yang komplit dan mewah, maka KA sleeper pun relatif mahal, berkisar Rp 1,2 juta untuk Jakarta-Surabaya.

Pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2019 lalu misalnya, tingkat keterisian penumpang KA sleeper dilaporkan meningkat. “Okupansinya bagus. Kemarin itu untuk pengguna kereta sleepers meningkat sampai 80 persen,” jelas Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah di Jakarta Pusat, Kamis (13/12).

Lebih lanjut Dadan menjelaskan, dari keseluruhan 18 kursi yang disediakan pada kereta sleepers, sebanyak 15 kursi di antaranya selalu terisi penuh. Bahkan khusus hari Jumat sleeper train selalu dipenuhi penumpang. KA sleeper mengusung fasilitas yang berbeda dari KA reguler, di antaranya mini televisi, charger, headset, lampu baca, berbagai pilihan lagu untuk karaoke, hingga kursi yang bisa direbahkan 170 derajat.