Peminat Tinggi, PT KAI Tambah Jadwal Keberangkatan Kereta Jakarta-Bandung

Agus Komarudin -wartakota.tribunnews.com

Jakarta (KAI) menambah jadwal keberangkatan untuk perjalanan KA Argo Parahyangan Jakarta Bandung. Penambahan jadwal keberangkatan ini dilakukan mengingat tingginya permintaan untuk dan serta karena rusaknya Jembatan Cisomang.

“Memang ada penambahan jadwal keberangkatan untuk Perjalanan KA Argo Parahyangan (Jakarta-Bandung), awalnya 14 jadwal keberangkatan lalu ditambah lagi enam jadwal keberangkatan,” ujar Kepala Humas Pusat, Agus Komarudin, Kamis (29/12).

“Memang ada kenaikan jumlah penumpang terkait Jembatan Cisomang, tapi untuk persentase kenaikannya saya belum mengetahui pasti berapa,” imbuhnya.

Menurut Senior Manajer Humas Daop 1 Jakarta, Sapto Hartoyo, pihaknya akan menambah 1 rangkaian kereta dari Gambir menuju Bandung. “Mengingat banyaknya permintaan karena dampak perbaikan jembatan Cisomang maka mulai Jumat 30/12 akan ditambah 1 lagi perjalanan kereta api?,” ungkap Sapto.

Walau baru diberangkatkan hari Jumat ini, KAI telah menjual tiketnya mulai kemarin. Penambahan jadwal KA Argo Parahyangan berlaku untuk pukul 07.35 WIB (Bandung-Gambir), pukul 11.45 WIB (Gambir-Bandung), pukul 11.00 WIB (Bandung-Gambir), pukul 06.30 WIB (Gambir-Bandung), pukul 20.55 WIB (Bandung-Gambir), dan pukul 00.35 WIB (Gambir-Bandung).

“Jadi kalau mau gampang ditambah enam perjalanan. Itu untuk menampung saudara kita yang ingin ke Bandung atau kembali dari Bandung ke Jakarta dan punya kesulitan mendapatkan ,” kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.

Sedangkan Direktur Komersial PT KAI, Kuncoro Wibowo menuturkan bahwa peristiwa retaknya Jembatan Cisomang telah mengakibatkan permintaan perjalanan ke Bandung semakin tinggi. Oleh sebab itu PT KAI ingin mengakomodir permintaan masyarakat dengan menambah perjalanan kereta ke Bandung.

“Hari ini kami akan mengumumkan beberapa ketetapan, khususnya terkait Cisomang. Permintaan dari penumpang ke kami cukup besar sekali. Hari ini kita sudah menambah perjalanan arah Jakarta-Bandung dan sebaliknya,” tandas Kuncoro.