Pemkot Surabaya Desak Realisasi Trem dan Monorel

– Pemkot berharap merealisasikan yang rencananya dibangun mulai Wonokromo hingga Tanjung Perak. Pemkot meminta September ini konstruksi proyek bisa dimulai.

Menurut Risma, trem sangat diperlukan warga Surabaya. Bahkan, PT KAI sudah menyanggupi mengerjakan proyek itu. Pemkot menyediakan lahannya, sedangkan PT KAI menjadi operator sekaligus yang mengerjakan.

Sementara itu, proyek yang akan membentang dari Surabaya Barat menuju Surabaya Timur dibiayai pusat melalui APBN.

Bila proyek tersebut terwujud, wajah Surabaya akan banyak berubah. Pilihan moda kian beragam. Tidak terbatas kendaraan dan kereta. Namun, juga kereta yang lebih luwes sehingga menerobos dalam perkotaan.

Moda transportasi trem dipilih karena jalur utara dan selatan membentang gedung-gedung cagar budaya sehingga tidak mungkin dibikin elevated. Viaduk di Jl Pahlawan juga tidak mungkin dibongkar sekadar untuk membangun jalur trem tersebut. [JP/YUD]

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.

1 Comment

Komentar ditutup.