Pemkot Surabaya Optimis PT KAI Bisa Mewujudkan Trem di Surabaya

– Walikota mengatakan bahwa PT seharusnya tidak membutuhkan proses panjang untuk menganggarkan di Surabaya. “Kan bisa cepat. bisa saja langsung mengucurkan dana dan memulai pembangunannya,” ungkapnya.

Menurut Risma, hal tersebut berbeda dengan metode penganggaran oleh negara karena membutuhkan pembahasan berliku dan berjenjang-jenjang.

“Seharusnya nggak usah menunggu lama. Bulan depan seharusnya bisa berlangsung. Benar-benar bisa dimulai,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini setelah rapat bersama Surabaya kemarin (4/8).

Besar anggarannya memang belum diputuskan. Namun, mengacu rencana pemkot terdahulu, trem diperkirakan menelan lebih dari Rp 3 triliun. Pemkot optimistis PT KAI bisa memenuhinya.

Secara terpisah, anggota Komisi C DPRD Surabaya Dedy Prasetya mengungkapkan bahwa perlu lebih jelas dahulu bentuk kerja sama pemkot dengan PT KAI tersebut. “Seperti apa bentuk perjanjiannya, kami sama sekali belum tahu. Apa kewajiban dan hak masing-masing pihak harus gamblang,” ungkapnya.

Jangan sampai, harapan pemkot tersebut justru hanya bertepuk sebelah tangan. Bila itu yang terjadi, mimpi menikmati masal akan semakin lama. Menurut dia, yang terpenting adalah pemkot segera melakukan langkah-langkah nyata untuk mewujudkan itu. “Saya yakin bisa,” katanya. (git/c7/end)

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.