Stasiun Pondok Ranji Punya Akses Baru Lewat Bintaro Creative Village

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan - breakingnews.co.id
Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan - breakingnews.co.id

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama BUMN meresmikan hasil renovasi Pondok Ranji, Tangerang Selatan, pada Kamis (16/6). peningkatan aksesibilitas dan penataan Stasiun Pondok Ranji dilakukan oleh PT KAI dengan pengembang swasta PT Jaya Real Property Tbk. Dengan tampilan baru, Stasiun Pondok Ranji kini makin mudah diakses oleh warga Tangsel dan sekitarnya.

Apabila dulunya akses ke Stasiun Pondok Ranji kurang nyaman lantaran jalan yang sempit dan macet, maka kini fasilitasnya sudah baik lantaran terdapat integrasi antarmoda yang memudahkan menuju stasiun. “Kami apresiasi kolaborasi BUMN dan swasta ini,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, seperti dilansir dari Koran-Jakarta.

Budi Karya menjelaskan, terus mendorong kolaborasi dengan swasta dalam mengembangkan angkutan massal dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). Konsep tersebut menghubungkan kawasan permukiman dengan simpul berfasilitas lengkap, juga menjadi pusat kegiatan masyarakat dan mempunyai integrasi antarmoda. “Melalui pendanaan kreatif, kita ajak swasta. Diharapkan titik-titik TOD bisa dikembangkan secara berkelanjutan,” tuturnya.

Stasiun Pondok Ranji di Tangsel kini sudah mempunyai akses baru lewat kawasan Bintaro Creative Village. “Kini, Stasiun Pondok Ranji memiliki akses baru melalui kawasan Bintaro Creative Village yang lebih luas dan nyaman. Masyarakat bisa lebih cepat untuk mengakses Stasiun Pondok Ranji dari kawasan perumahan, di mana sebelumnya masyarakat harus memutar lebih jauh terlebih dahulu,” jelas Direktur Utama PT Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo.

Ground breaking penataan akses tersebut kabarnya sudah dilakukan sejak Agustus 2020 lalu. Lingkup penataan dan akses Stasiun Pondok Ranji mencakup renovasi bangunan stasiun, penambahan gedung parkir, dan pembangunan akses baru Stasiun Pondok Ranji. Pada akses baru Stasiun Pondok Ranji sudah tersedia fasilitas eskalator, lift, tangga musala, ruang laktasi, toilet difabel, loket, vending machine, area parkir, dan halte Bus Intrans.

“Akses baru Stasiun Pondok Ranji tersebut sudah mulai diujicobakan sejak 7 Juni 2022. Rata-rata sebanyak 370 pengguna KRL per hari yang sudah menggunakan akses baru tersebut. Pengguna KRL merasa sangat terbantu dengan adanya akses baru Stasiun Pondok Ranji tersebut,” tandas Didiek.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*