Masa Angkutan Nataru, KAI Daop 8 Surabaya Tingkatkan Pengawasan di Jalur Kereta

Suprapto, Manajer Humas Daop 8 Surabaya - rri.co.id
Suprapto, Manajer Humas Daop 8 Surabaya - rri.co.id

– Pada masa angkutan Natal 2019 dan 2020 (Nataru), PT Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya memperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah KA hingga 8,7 persen. Kondisi itu pula yang mendorong KAI Daop 8 Surabaya melakukan peningkatan pengawasan pada setiap kereta yang ada di wilayah operasinya.

“Guna memastikan KA serta mengantisipasi datangnya musim hujan selama masa angkutan Nataru 2019/2020, PT KAI Daop 8 meningkatkan pengawasan di jalur kereta api. PT KAI Daop 8 Surabaya juga menyiagakan petugas ekstra guna memastikan keandalan jalur rel kereta api dan alat material untuk siaga (AMUS) seperti batu balas atau kricak, bantalan rel dan pasir,” ungkap Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Rabu (20/11), seperti dilansir Tribunnews.

AMUS dan petugas sendiri sudah disiapkan di 4 titik strategis, yakni Stasiun Babat, Stasiun Mojokerto, Stasiun Bangil, dan Stasiun Wlingi. Para petugas yang disiagakan meliputi 37 petugas penilik jalan (PPJ) ekstra, 83 penjaga jalan lintas (PJL) ekstra, dan 7 petugas posko daerah ekstra. “Total 127 petugas unit jalan rel telah disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA sepanjang jalur rel di lintas Daop 8 Surabaya,” bebernya.

Untuk menambah keamanan, PT KAI Daop 8 Surabaya juga menyiagakan 591 personel keamanan yang terdiri dari 153 personel Polsuska, 433 personel security, dan 5 personel pembinaan dari Polda, serta bantuan eksternal dari TNI/Polri sebanyak 130 personel ditambah 4 anjing pelacak (K9).

Di masa Nataru ini KAI Daop 8 Surabaya juga akan mengoperasikan 84 perjalanan KA yang terdiri dari 33 KA Reguler, 5 KA Tambahan Nataru dan 46 KA Lokal. Jumlah tersebut meningkat 3,7% dari tahun lalu sebanyak 81 KA yang meliputi 29 KA Reguler, 6 KA Tambahan Nataru, dan 46 KA Lokal.

Suprapto menambahkan, KA jarak jauh reguler pada masa Nataru bisa dibeli mulai tanggal 19 November 2019 atau H-30 keberangkatan di seluruh channel resmi tiket kereta seperti aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan sebagainya. Sedangkan tiket KA lokal bisa dibeli mulai H-7 keberangkatan lewat aplikasi KAI Access atau 3 jam sebelum keberangkatan di loket stasiun.