Pengertian Dan Gambar Komponen Dasar Kereta Api Uap

Diantara banyak jenis api saat ini, api uap adalah salah satu jenis api paling legendaris karena merupakan jenis yang paling kuno. api uap adalah api yang kerjanya menggunakan tekanan dari uap yang di buat dalam sebuah tanki uap, yang di panaskan dengan menggunakan kayu bakar, batu bara ataupun arang.

pertama yang berjalan di rel ditemukan pada tahun 1803 oleh Richard Trevithick di South Wales. Diberi nama The Puffing Billy, lokomotif dibangun pada tahun 1813 oleh Timothy Hackworth dan William Hedley, adalah lokomotif pertama kali digunakan secara komersial untuk mengangkut mobil.

Kemudian, apa saja komponen uap sehingga dapat beroperasi? Berikut adalah penjelasan singkat beserta kereta api uap:

uap01.Firebox

02.Ashpan

03.Water (inside the boiler)

04.Smokebox

05.Cab

06.Tender

07.Steam Dome

08.Safety Valve

09.Regulator Valve

10.Superheater Header in smokebox

11.Piston

12.Blastpipe

13.Valve Gear

14.Regulator Rod

15.Drive Frame

16.Rear Pony Truck

17.Front Pony Truck

18.Bearing and Axlebox

19.Leaf Spring

20.Brake shoe

21.Air brake pump

22.(Front) Centre Coupler,

23.Whistle

24.Sandbox.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai komponen-komponen utama dalam pengoperasian kereta uap:

  • Boiler / ketel
    Meskipun jenis lain boiler telah beberapa kali dicoba dalam sejarahnya, dan belakangan dengan lokomotif uap, penggunaannya tidak menjadi meluas, dan tungku api tabung boiler telah menjadi sumber tenaga dominan pada masa penggerak uap dari Rocket pada tahun 1829 untuk Mallard pada tahun 1938 dan seterusnya.
  • Sirkuit uap
    Uap yang dihasilkan dalam boiler mengisi ruang uap di atas air dalam boiler yang terisi sebagian. Tekanan kerja maksimum dibatasi oleh katup pengaman pegas. Hal ini kemudian dikumpulkan dalam tabung berlubang dipasang di atas permukaan air atau dari sebuah kubah yang sering rumah katup regulator, atau throttle, yang tujuannya adalah untuk mengontrol jumlah uap meninggalkan boiler.
  • Running gear
    Ini termasuk gigi rem, roda set, axleboxes, memancar dan gerak yang meliputi menghubungkan batang dan gigi katup. Transmisi listrik dari piston ke rel dan perilaku lokomotif sebagai kendaraan, mampu bernegosiasi kurva, poin dan penyimpangan dalam trek, adalah sangat penting.
  • Chassis
    Sasis atau lokomotif frame struktur utama ke mana boiler dipasang dan yang menggabungkan berbagai elemen gigi berjalan. Boiler kaku dipasang pada “pelana” di bawah Smokebox dan depan laras boiler, tetapi tungku di bagian belakang dibiarkan meluncur ke depan dan belakang, untuk memungkinkan ekspansi ketika panas.
  • Bahan bakar dan air
    Umumnya, lokomotif terbesar secara permanen digabungkan ke tender yang membawa air dan bahan bakar. Seringkali, lokomotif bekerja jarak pendek tidak memiliki tender dan membawa bahan bakar dalam bunker, air dilakukan dalam tangki ditempatkan di samping boiler baik dalam 2 tangki samping (tangki pannier), satu di atas (tank pelana) atau satu di bawah (tangki juga)
  • Crew / awak

Sebuah lokomotif uap biasanya dikendalikan dari backhead boiler dan kru biasanya dilindungi dari elemen dari cab. Seorang awak setidaknya dua orang biasanya diperlukan untuk mengoperasikan lokomotif uap. Kemudian masinis, bertanggung jawab untuk mengendalikan lokomotif itu mulai, berhenti dan kecepatan, dan pemadam kebakaran yang bertanggung jawab menjaga api, mengatur tekanan uap, dan pemantauan boiler dan tingkat air.