Pengganti KA Pandanwangi Rute Solo – Semarang Masih Rahasia

SURAKARTA – KA Pandanwangi rute telah dihentikan operasinya sejak Oktober 2011 lalu. Hingga saat ini belum ada KA pengganti untuk jurusan – Semarang ini. Sigit Irawanta, Manager Pemasaran Angkutan Daop VI Yogyakarta mengungkapkan bahwa rute ini merupakan rute yang sangat menjanjikan. Karena hal tersebut pihaknya akan menghidupkan rute ini kembali.

“Awal 2014 kami akan menjalankan relasi Solo-Semarang,” katanya kepada wartawan di Solo Balapan. Pihaknya menegaskan bahwa ka baru ini nantinya akan lebih cepat daripada KA Pandanwangi.

Dahulu KA Pandanwangi membutuhkan waktu tempuh lebih dari 2,5 jam untuk dapat mencapai perjalanan dari Solo – Semarang. Pihak PT KAI mentargetkan KA baru ini nantinya hanya akan memiliki waktu tempuh maksimal 2,5 jam.

“Kami akan memakai lokomotif baru. Kecepatan rata-ratanya 60 kilometer per jam,” ucapnya.

Dengan waktu tempuh yang lebih singkat, pihaknya yakin bahwa mayarakat yang biasa berpergian di dua kota ini akan beralih menggunakan kereta api. “Kalau naik bus atau kendaraan pribadi, sekarang jalur Solo-Semarang sudah macet. Naik kereta api lebih cepat,” katanya.

Rencananya KA baru pengganti KA Pandanwangi ini akan memiliki tujuh dengan kapasitas tiap 106 kursi. KA akan memiliki fasilitas pendingin, restorasi, charger dan toilet.

“Beda dengan kereta sebelumnya,” ucapnya.

Untuk nama kereta baru dan tarif yang akan dibanderol PT KAI Daop VI belum bersedia untuk membeberkannya. Begitu juga dengan jadwalnya. Namun pihaknya telah mematok bahwa tingkat keterisian hingga 80 persen.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.