Penghematan Anggaran, Proyek Kereta Jawa di Stop

– Rencana pemangkasan APBNP 2016 untuk sektor perhubungan membawa dampak besar pada kelanjutan -proyek di Pulau . Pasalnya, proyek tersebut harus dihentikan sementara demi mendahulukan kelancaran proyek kereta api di luar .

“Prinsipnya, Bapak Presiden meminta kereta api luar Jawa untuk didahulukan. Jadi, sementara yang di Jawa ngalah,” kata Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono seusai meninjau proyek double-double track (ddt) di Manggarai, Jakarta, Sabtu (11/6).

Menurut Prasetyo, anggaran untuk instansinya dirampingkan hingga Rp 1 triliun. Akibatnya, pihak Kemenhub harus memilah mana-mana saja proyek yang lebih diprioritaskan.

”Ini denger-denger bakal dipotong lagi. Tapi belum pasti,” tambahnya.

Proyek kereta api di Jawa yang harus dihentikan sementara diantaranya adalah double track di selatan Jawa, seperti Madiun – Kedung banteng dan Kroya – Kutoarjo. Tak berbeda nasibnya dengan pembangunan elektrifikasi kereta api di ruas Yogyakarta – .

Di sisi lain, pembangunan jalur kereta api trans-Sumatera, Sulawesi, dan Papua akan terus dikebut. Pembangunan Binjai – Langsa di Sumatera bahkan akan menjadi prioritas utama tahun ini.

“Kemudian, double track Prabumulih – Kertapati juga (ditargetkan selesai) tahun ini. Martapura – Baturaja mungkin dua tahun lagi. Tapi, semuanya sudah on the track,” pungkas Prasetyo.