Penghentian Operasional KA Rajabasa & Sriwijaya Diperpanjang Sampai 31 Desember 2020

Kereta Api Sriwijaya - id.wikipedia.org
Kereta Api Sriwijaya - id.wikipedia.org

Bandar Lampung (KAI) Divre IV Tanjungkarang belum berencana akan kembali mengoperasikan KA Rajabasa dan KA Sriwijaya. Bahkan penghentian operasional KA Rajabasa dan Limex Sriwijaya diperpanjang sampai tanggal 31 Desember 2020.

Alhasil KA angkutan penumpang yang melayani jurusan Lampung-Sumatera Selatan tersebut tak beroperasi pada masa akhir tahun 2020 kali ini. “PT KAI memperpanjang penghentian (operasional) KA Sriwijaya dan KA Rajabasa jurusan Tanjungkarang-Kertapati (PP) hingga 31 Desember,” ucap Manager Humas PT KAI Divre IV Jaka Jakarsih, Selasa (1/12), seperti dilansir Tribunnews.

Keputusan tersebut sesuai dengan yang tercantum dalam surat PT KAI Divre IV Tanjungkarang Nomor 2/KB.203/X/Divre IV/DV.4.2020. Lebih lanjut Jaka mengatakan bahwa perpanjangan penghentian KA Sriwijaya dan KA Rajabasa ini masih dalam rangka pencegahan penyebaran (Covid-19) di lingkungan moda transportasi . “Melihat juga analisa perkembangan sebaran Covid-19 di wilayah Lampung dan Sumatra Selatan hingga hari ini,” beber Jaka.

Dengan demikian, KAI Divre IV Tanjungkarang terhitung sudah hampir setahun tidak mengoperasikan KA Sriwijaya dan KA Rajabasa sejak merebaknya pandemi virus corona pada bulan Maret 2020. Operasional kedua KA itu sebenarnya sudah dihentikan dari tanggal 1 November 2020 dan terus diperpanjang sampai akhir bulan mendatang.

“Hal ini dilakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Jangan sampai angkutan kereta api menjadi penyumbang kluster baru, apalagi Palembang saat ini merupakan zona merah dalam penyebaran covid-19,” ungkap Jaka.

Jaka juga menyampaikan permohonan maaf pada masyarakat atas tidak beroperasinya KA Sriwijaya dan KA Rajabasa. “Kami memohon maaf kepada para pengguna kereta api di Lampung yang terganggu,” kata Jaka.

Sementara itu, di wilayah lain seperti telah membuka KA untuk perjalanan jarak jauh menjelang libur panjang 2020 dan 2021. Di Daop 1 Jakarta misalnya, pemesanan KA jarak jauh dibuka untuk periode perjalanan H+30 atau hingga tanggal 31 Desember 2020. Masyarakat yang ingin naik kereta api untuk bepergian bisa memesan tiket KA lewat KAI Access, situs kai.id, dan channel penjualan resmi lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*