Mudik Asyik Bawa Hewan Peliharaan? Bisa dengan Kereta Api!

PT KA Logistik (KALOG)
PT KA Logistik (KALOG) - sijori.id

Jakarta – Pemilik hewan peliharaan yang resah untuk meninggalkan binatang kesayangan saat , ternyata bisa memanfaatkan pengangkutan hewan peliharaan dari PT Indonesia (KAI). Lewat layanan pengangkutan dari PT KA Logistik (), masyarakat dapat berangkat mudik dengan kucing maupun anjing kesayangan menggunakan kereta api.

“Untuk pengiriman hewan menggunakan perhitungan volumetrik kandang di satuan centimeter (cm) panjang, lebar, dan tinggi per 4000. Hasilnya akan menjadi total timbangan,” jelas customer service PT KALOG, seperti dilansir dari Kompas.

Walau begitu, PT KALOG melalui customer service mengungkapkan bahwa batas waktu pengiriman hewan peliharaan menggunakan KAI Logistik Express rupanya pada Sabtu (23/4). “Pengiriman KA barang batas waktu terakhir pengiriman di tanggal 23 April 2022, sehingga pengiriman akan tersedia kembali di tanggal 11 Mei 2022,” paparnya.

Sementara itu, untuk pengiriman hewan peliharaan di luar periode 23 April – 11 Mei 2022, KALOG beroperasi pada Senin-Sabtu pukul 08.00-20.00 WIB dan Minggu pukul 08.00-14.00 WIB. Walaupun pengiriman terakhir tanggal 23 April 2022 kemarin, pelanggan bisa mengontak PT KALOG terlebih dahulu untuk mengetahui apakah mereka masih dapat menerima hewan peliharaan untuk dikirimkan atau tidak.

Apabila bisa, terdapat sejumlah syarat yang wajib dipahami dan diketahui oleh calon pengguna layanan pengangkutan hewan peliharaan dari KALOG. Pertama, Pastikan hewan peliharaan yang akan dikirim berada dalam kondisi yang sehat. Kemudian, hewan peliharaan harus ditaruh di dalam kandang yang kuat, dan ukurannya sesuai dengan jenis hewan yang akan dikirim.

Pemilik juga wajib menyediakan makanan dan minuman hewan peliharaan di dalam kandang. Pengiriman hewan peliharaan bersifat no claim dari pihak PT KALOG. Pemilik bisa menyertakan surat keterangan dari dokter hewan yang menyatakan bahwa hewan peliharaan dalam kondisi sehat.

Lantas, berapa atau pengangkutan hewan peliharaan dengan KALOG? Anda harus menginformasikan dulu kota dan tujuan pengiriman. Contohnya, pengiriman dari Jakarta ke Semarang estimasi biaya pengiriman hewan peliharaan seberat 1-10 kg pertama adalah Rp100 ribu, kemudian 1 kg berikutnya Rp4 ribu. Pengiriman ini berkonsep Service Station to Station.

“Layanan pengiriman KAI Logistik Express dengan Service Station to Station yaitu pengiriman dan penerimaan langsung terdapat di kantor KAI Logistik Express, sesuai dengan jadwal operasionalnya. KA barang berbeda dengan rangkaian KA , sehingga jadwal keberangkatannya berbeda,” tandas KALOG.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*