Penjualan Sudah Dibuka, Beberapa Channel Tawarkan Promo Diskon Tiket Kereta untuk Mudik

Sapto Hartoyo, Manager Humas PT KAI Divre Sumut - medanbicara.com
Sapto Hartoyo, Manager Humas PT KAI Divre Sumut - medanbicara.com

Jakarta untuk 2018 sudah dijual mulai hari Rabu (7/3) kemarin lewat website (KAI) dan channel resmi penjualan tiket KA seperti KAI Access, contact center 121, dan channel eksternal atau mitra penjualan tiket.

“Tiket kereta api sudah bisa dipesan mulai tanggal 7 Maret 2018,” kata Manager Humas Divre Sumut, Sapto Hartoyo di Medan, Selasa (6/3), seperti dilansir Tirto.

Beberapa channel eksternal seperti Tiket.com dan Tokopedia juga menawarkan atau potongan tiket kereta api. Calon penumpang membeli tiket langsung dari aplikasi Tiket.com di ponsel atau lewat link www.tiket.com/promo/promo-kereta-api kemudian memasukkan kode promo KERETA25.

Tak ketinggalan, Tokopedia juga menawarkan cashback hingga Rp 100.000 dan promo tersebut dapat dipakai hingga 2 kali. Promo ini berlaku untuk lewat Tokopedia Tiket menggunakan seluruh metode pembayaran selama 6-31 Maret 2018. Agar memperoleh cashback 10% ke TokoCash senilai hingga Rp 100.000, calon penumpang harus memasukkan kode promo MUDIK2018 di halaman pembayaran Tokopedia Tiket.

Meski penjualan sudah dibuka dan beberapa channel menawarkan promo, rupanya Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko mengatakan jika penjualan tiket kereta untuk keberangkatan H-10 Lebaran 2018 masih sepi.

“Sejak pukul 00.01 WIB tadi, penjualan tiket KA masa angkutan Lebaran 2018 mulai dibuka untuk tanggal keberangkatan 5 Juni atau H-10 Lebaran. Namun berdasarkan pantauan RTS (Rail Ticket System), penjualan tiket KA dari Jakarta tujuan Purwokerto dan sebaliknya masih landai,” ungkap Ixfan, Rabu (7/3).

Berdasarkan pemantauan sampai jam 12.00 WIB, ketersediaan tiket KA dari arah Jakarta tujuan Purwokerto dan sebaliknya masih mencapai lebih dari 80% untuk semua kelas. Hal ini menurutnya karena masyarakat masih belum menemukan tanggal keberangkatan yang cocok untuk mudik. “Biasanya penjualan tiket untuk keberangkatan H-10 Lebaran biasanya baru terlihat meningkat pada H-4 Lebaran atau H-3 Lebaran. Pemudik juga masih menunggu kepastian masa cuti sehingga belum memesan tiket mulai sekarang,” ujarnya.

Pihak KAI memprediksi tanggal keberangkatan favorit pemudik adalah H-7 Lebaran atau 8 Juni 2018 dan H-3 Lebaran atau 12 Juni 2018. Penjualan tiket untuk jadwal keberangkatan H-7 Lebaran baru dibuka pada 10 Maret 2018, sedangkan untuk H-3 Lebaran dapat dibeli pada 14 Maret 2018.