Penumpang Bisa Dapatkan Surat Keterangan saat Kereta Mogok

Jakarta commuter sekarang tidak perlu takut lagi saat commuter terlambat datang atau tidak tepat sesuai . Pihak PT Kereta Commuter Line Jabodetabek () akan memberikan keterangan terlambat dari kereta sebagai tanda keterangan bahwa yang bersangkutan terlambat karena ada masalah teknis pada kereta.

“Penumpang bisa menemui kepala untuk dibuatkan surat itu. Di sana surat itu akan ditandatangani mereka,”ujar Eva Chairunisa jubir PT KCJ kepada tempo.

Surat ini diberikan bukan hanya karena ada masalah keterlambatan akibat teknis kereta tetapi juga akibat peristiwa alam seperti banjir dan longsor.

Menurut Eva, surat ini tidak akan disalahgunakan, karena surat ini keluar karena peristiwa yang insidental.

Bagi penumpang yang membutuhkan surat ini, diminta saat keluar dari kereta langsung menemui petugas. Jangan saat sudah keluar dari stasiun baru meminta surat ini. Karena saat meminta surat ini, dibutuhkan yang sudah dibeli penumpang sebelumnya.

Setelah itu penumpang akan dibawa ke meja khusus dan diminta mengisi blangko surat keterangan yang sudah disediakan . Di dalam blangko surat keterangan itu berisi nama, stasiun asal, stasiun tujuan, nomor kereta. Setelah diisi maka akan diberi stempel resmi stasiun. Tetapi loket untuk meminta surat keterangan ini hanya buka hingga jam 11.00 WIB.

Salah satu penumpang pernah memakai surat keterangan ini saat dia terlambat karena kereta yang dinaikinya mogok padahal hari itu dia sedang ada ujian akhir sekolah. Setelah itu dia langsung meminta surat keterangan tersebut di Stasiun Universitas Indonesia.

“Biar bisa ikut ujian,”kata Anggrita pada tempo

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.