Penumpang Kereta Api di Stasiun Pasar Senen Kini Harus Check-In Mandiri

Karena cukup sukses di , PT Indonesia () DAOP I Jakarta juga menerapkan check-in dan boarding pass di Pasar Senen mulai Selasa (26/7). Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan serta memberikan kemudahan kepada para pengguna jasa .

Model kerja sistem ini hampir sama dengan yang diterapkan pada sistem check-in penumpang pesawat. Setiap penumpang yang akan bepergian dengan kereta api dari Stasiun Pasar Senen harus melakukan check-in di gerai yang telah disediakan sebanyak 16 unit mesin.

Caranya, penumpang cukup mengetik kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian atau bisa juga dengan melakukan scanning barcode dari pada mesin check-in mandiri. Lalu, mesin itu akan mengeluarkan atau mencetak boarding pass yang mencantumkan seperti identitas penumpang, kode booking, hingga nama dan tujuan kereta api. Nantinya, boarding pass ini dibawa penumpang saat pemeriksaan identitas di boarding gate stasiun.

Proses check-in ini bisa dilakukan calon penumpang 12 jam hingga 10 menit sebelum keberangkatan kereta api. “Sangat mudah dan cepat, mirip dengan proses cetak tiket mandiri di stasiun,” jelas Senior Manager Humas DAOP I, Bambang S. Prayitno.

Ditambahkan Bambang, penerapan sistem ini dilakukan PT KAI untuk meningkatkan pelayanan serta memberikan kemudahan kepada pengguna jasa kereta api. “Keberhasilan penerapan di Stasiun Gambir menjadi tolak ukur pertimbangan kebijakan ini,” sambung Bambang.