Penumpang Kereta Api ke Jakarta Melonjak Menjelang Pelantikan Jokowi-JK

Kereta angkut peti kemas dengan loko CC 206 12

JOGJA – Pelonjakan jumlah menuju terjadi bertepatan menjelang pelantikan dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI ke-7 pada hari ini. Peristiwa pelantikan yang dilanjutkan dengan pesta rakyat di Monumen Nasional (Monas), mendorong masyarakat untuk berangkat ke Jakarta. Masyarakat ingin turut larut dalam kemeriahan pesta rakyat.

Kereta api sebagai salah satu darat yang melayani tujuan Jakarta langsung mengalami lonjakan yang drastis. seluruh kereta api dari Kota Semarang, Jawa Tengah atau wilayah Daops IV tujuan Jakarta mulai Kamis (16/10/2014) sampai Minggu (19/10/2014) habis terjual. Hal serupa juga terjadi di rangkaian kereta api dari .

“Dari catatan kami, rangkaian kereta api dari Daops VI Yogyakarta dengan tujuan Jakarta, seluruh kursi yang tersedia sudah habis terjual,” kata Manager Humas Yogyakarta, Bambang S Prayitno, Senin 20 Oktober 2014 seperti dikutip vivanews.

Menurutnya, pelantikan -JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden menjadi memiliki ikatan emosional tersendiri bagi masyarakat Solo dan Yogyakarta.

“Penumpang saat weekend di periode biasa, tingkat keterisian tercatat dalam kisaran antara 80 hingga 95 persen, namun minggu lalu, rata-rata setiap rangkaian kereta mengalami kenaikan tingkat keterisian 5 hingga 10 persen. Diprediksi kenaikan itu, terkait dengan acara pelantikan presiden dan wakil presiden hari ini,” ujarnya.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.