Penumpang Kereta di Jember Membludak Jelang Libur Idul Adha

Jember – Jum’at, 11 Oktober 2013 menjelang libur di Jember, Jawa Timur sangat tinggi. Suprapto, Kepala Humas Daop IX Jember menjelaskan bahwa jumlah kereta melonjak hingga sebanyak 40 persen pada Jum’at kemarin. “Mulai terasa hari ini, terutama kereta kelas ,” ungkapnya kepada Tempo.

Mulai dari siang kmarin hingga petang jumlah penumpang kereta kelas ekonomi mencapai 1800 orang. Sedangkan penumpang kereta kelas bisnis dan mencapai lebih dari 700 orang. Pada hari biasanya ppenumpang ekonomi hany berkisar hingga 1000 orang dan penumpangbisnis dan sekitar 400 orang.

“Karena ada libur cukup panjang sampai setelah Idul Adha, sekolah dan kantor-kantor.”ungkapnya.

Beberapa kereta ekonomi telah habis ludes terjual seperti KA Tawang Alun jurusan Malang – Banyuwangi dan KA Mutiara Timur jurusan Surabaya – Banyuwangi mulai dari kemarin hingga H+1 hari Raya Idul Adha. 6 kereta cadanganpun disiapkan PT KAI Daop IX untuk mengatasi hal ini.

Sejumlah penumpang mengaku memilih kereta api ini untuk menikamti liburan akhir pekan dan disambung dengan perayan Idul Adha. “Apalagi kan tiketnya sudah turun dan fasilitasnya sudah lebih nyaman,” kata Tantowi, seorang karyawan perkebunan yang hendak berlibur bersama 14 keluarganya ke Purwokerto.

Dengan fasilitas kereta api yang terus diperbaiki, membuat para penumpang lebih memilih kereta api sebagai salah satu transportasi andalan untuk berpergian.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.