Penumpang KRL Lebih Banyak Gunakan Kartu Multi Trip

JAKARTA – Sejak penerapan sistem e-ticketing dan tarif progresif pada 1 Juli 2013 lalu para lebih memilih menggunana kartu multi trip.

“Perbandingan, 55 persen menggunakan kartu multi trip, sisanya harian berjaminan,” kata Direktur Utama Commuter Jabodetabek, Tri Handoyo di sela-sela peluncuran Kartu Flazz BCA Bisa Digunakan untuk transaksi perjalanan KRL di Sudirman.

Dengan adanya penerapan e-ticketing dan tarif progresif ini berdampak pada jumlah penumpang KRL . Setiap hari terdapat 600ribu transaksi perjalanan KA.

“Sejalan dengan target 1,2 juta penumpang per hari tahun 2019, PT KCJ juga mengakomodir peningkatan jumlah pengadaan KRL. Sepanjang tahun 2008-2013, kami telah membeli 448 unit KRL sehingga saat armada mencapai 789 unit,” katanya.

Untuk meningkatkan pelayanan para penumpang KRL yang memiliki kartuflash BCA saat ini dapat menggunakan kartu tersebut untuk melakukan transaksi KRL mulai 8 Desember 2013 kemarin.

Penumpang KRL pemakai BCA Flazz harus melakukan aktivitas terlebih dahulu melalui perangkat balance reader yang tersedia di stasiun.

Aktivasi hanya dilakukan satu kali saat kartu itu digunakan untuk perjalanan KRL pertamakali. Kartu Flazz dapat digunakan untuk tap in di seluruh gate yang tersedia di seluruh stasiun di Jabodetabek.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.