Ada Perubahan, Penumpang KRL Sudirman-Bekasi Tak Perlu Transit di Stasiun Manggarai

Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba
Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba - tribunnews.com

Jakarta – PT Commuter Indonesia (KCI) mengingatkan para kereta rel listrik () di wilayah Sudirman yang hendak menuju Bekasi, tidak perlu transit terlebih dahulu di Manggarai. Pasalnya, saat ini kereta di tersebut telah secara fullracket.

Menurut VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, masih banyak pengguna KRL dari Sudirman tujuan Bekasi yang transit di Manggarai. “Banyak penumpang Bekasi, Cikarang sekitar Sudirman ingatnya masih Gondangdia, akhirnya mereka tetap transit di Manggarai. Padahal cukup datang ke Sudirman atau Duri atau Angke misalkan mereka sudah fullracket,” jelas Anne di Stasiun Manggarai, Selasa (31/5), seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Untuk diketahui, KRL dengan skema fullracket akan berangkat dari stasiun asal dan kembali ke stasiun tersebut. Skema ini sebelumnya telah diterapkan pada KRL jurusan Bogor-Jakarta Kota. Dengan demikian, penumpang KRL tidak perlu transit lagi di Stasiun Manggarai.

Anne mengharapkan, dengan pengoperasian kereta fullracket ini, penumpang KRL tujuan Bekasi tak perlu ke Manggarai terlebih dahulu. Dengan begitu, ruang transit di stasiun cagar budaya tersebut dapat dimaksimalkan untuk rute lainnya. “Transit di sini bisa dimaksimalkan di luar jurusan Cikarang dan Bekasi karena mereka sudah fullracket,” imbuh Anne.

Ia juga mengakui bahwa penumpang KRL masih membutuhkan adaptasi atas perubahan rute tersebut. Menurutnya, penumpang KRL perlu diingatkan terus-menerus sampai terbiasa dengan baru ini. “Masih banyak yang perlu diingatkan secara terus menerus sehingga nanti mereka sudah terbiasa untuk berangkat ke Bekasi atau Cikarang tanpa transit di Manggarai,” katanya.

PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) menerapkan rute baru kereta rel listrik (KRL) untuk lintas Bogor dan lintas Cikarang mulai 28 Mei 2022, seiring dengan rencana pengembangan Stasiun Manggarai menjadi Stasiun Sentral.

Mulai 28 Mei, KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo – Jakarta Kota pp via Stasiun Manggarai. Sementara itu, pola operasi loop line dilayani KRL lintas Cikarang/Bekasi dengan 2 skema yakni full racket Cikarang/Bekasi pp via Manggarai atau Pasar Senen dan Half Racket Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan/Angke pp via Manggarai.

Sedangkan untuk KRL lintas Rangkasbitung dan lintas Tangerang, perjalanan KA , serta KA Jarak Jauh tidak ada perubahan. Perjalanan KA lintas Bogor/Depok/Nambo akan dilayani di lantai 2 Stasiun Manggarai peron 10-13, lintas loop line yaitu Cikarang/Bekasi dilayani di lantai dasar peron 6 dan 7, dan perjalanan KA Bandara Soetta dilayani di lantai dasar peron 8 dan 9.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*