Penumpang Melonjak, KAI Catat Kenaikan Pendapatan Selama Libur Idul Adha

Rizki Afrida, Kepala Stasiun Gambir - www.tribunnews.com
Rizki Afrida, Kepala Stasiun Gambir - www.tribunnews.com

Jakarta – Pada momen libur Hari Raya tahun 2017 ini jumlah dilaporkan mengalami kenaikan sekitar 10-15%. Lonjakan tersebut terpantau lebih tinggi daripada momen akhir pekan biasanya.

“Penumpang mulai berdatangan sejak Kamis kemarin,” ujar Rizki Afrida, Kepala Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (1/9), seperti dilansir Tempo.

Rizki menjelaskan bahwa Kamis, (30/8) lalu merupakan puncak kenaikan penumpang kereta api yang hendak pulang kampung alias ke berbagai destinasi di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Setidaknya terdapat lebih dari 15 ribu penumpang yang berangkat ke berbagai kota dari Stasiun Gambir. “Hari ini ada 13.600 yang berangkat dari Gambir,” ucapnya.

Sejumlah kota yang tiketnya telah habis dari sebulan lalu antara lain Bandung, Cirebon, dan Yogyakarta. Stasiun Gambir sendiri menyediakan untuk perjalanan ke Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Surabaya. “Kami perkirakan puncak mudik Idul Adha Kamis kemarin. Sebab, biasanya di hari libur biasa akhir pekan hanya 12 ribu penumpang,” beber Rizki.

(KAI) memperkirakan jika pihak perseroan mencatat peningkatan pendapatan antara 3-4% selama libur Idul Adha 2017 dibanding weekend biasa. Kenaikan pendapatan itu seiring dengan adanya peningkatan kapasitas kursi selama musim angkutan Hari Raya Idul Adha 2017.

“Enggak sampai (8%), kan kita tidak naikkan banyak-banyak. Kalau tarifnya enggak naik banyak, kan kenaikan pendapatan (dibandingkan dengan weekend biasa) hampir sama dengan volume,” ucap Pejabat yang Melaksanakan Tugas (PYMT) Direktur Komersial dan Teknologi Informasi (TI) , Bambang Eko Martono, Rabu (30/8).

Selama Idul Adha 2017 PT KAI telah menjalankan 15 kereta api tambahan dari Daop 1 Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jumlah KA tambahan untuk Hari Raya Kurban tahun ini lebih banyak dibanding KA tambahan saat weekend. Di samping itu, menurut Bambang tingkat keterisian kursi selama Idul Adha kali ini mencapai 100% lebih panjang 1 hari daripada weekend biasanya. “Biasanya kalau weekend kan di Stasiun Gambir ini, Kamis sudah padat. Ini Rabu [30/8] sudah penuh semua. Jadi, maju sehari saja,” tandasnya.