Penumpang Rusak Gate E-ticketing

model e-ticketing di pintu masuk peron di Staiun Jakarta Kota, Jakarta Barat
ilustrasi/sumber: detikcom

Jakarta – Tarif progresif dan sistem diwilayah Jabodetabek belum ada satu bulan resmi diberlakukan. Tetapi sudah mulai ditemui masalah dalam pelaksanaannya. Pintu otomatis atau gate banyak mengalami kerusakan. Kerusakan ini bukan hanya disebabkan karena sistem tetapi juga karena pengguna KRL.

Menurut Humas Commuter Jabodetabek, Eva Chairunisa kerusakan yang terjadi pada gate bukan hanya karena sistem tetapi juga karena ulah para yang tidak bertanggung jawab.

“Oknum penumpang menyelipkan permen karet pada slot gate out atau memasukkan kartu yang ujungnya telah sengaja dibakar sehingga membuat gate tersebut macet,”jelasnya pada liputan6.com.

Kejadian ini telah terjadi di beberapa . Cilebut, Bojong Gede, Citayam dan Pondok Cina menjadi beberapa yang mengalami hal ini.

Pihak pernah menangkap salah seorang penumpang yang terbukti melakukan pengrusakan. Tetapi pihaknya melepaskan penumpang tersebut karena dinilai masih muda. hanya memberi peringatan pada anak tersebut.

Pengrusakan terakhir terjadi di Stasiun Pondok Cina. Pelakunya adalah seorang ibu – ibu. Dia terbukti memasukkan kartu elektronik yang ujungnya telah dibakar terlebih dahulu. Akibatnya menjadi mancet.

Saat petugas sibuk membenarkan gatenya, ibu tersebut kabur.

Karena kejadian ini, PT KCJ meminta untuk para penumpang menjaga perangkat e-ticketing yang mulai diberlakukan ini.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.