Per 1 Januari 2014 Harga Tiket Kereta Api Naik Lagi

– Per 1 Januari 2014 (KAI) akan menaikkan lagi harga yang baru saja diturunkan pada September 2013 lalu. Bahkan rencananya kenaikan harga tersebut mencapai 100 persen dari harga saat ini.

Perubahan Harga Tiket Kereta Api per 1 Januari
Perubahan Harga per 1 Januari

Per 1 Januari 2014 mendatang, harga tiket kereta kemungkinan tidak lagi terjangkau terutama oleh masyarakat dengan menengah kebawah. Dari beberapa kereta yang mengalami kenaikan harga tiket, KA Logawa tujuan Purwokerto-Jember mengalami kenaikan 100 persen dari harga sebelumnya. Saat ini tarif KA Logawa Rp 50 ribu, nantinya akan mengalami kenaikan harga menjadi Rp 100 ribu.

Menurut Sri Winarto, Kepala Humas Madiun, kenaikan herga ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Indonesia No. PM 28 tahun 2013.

“Sehubungan belum ditetapkannya kontrak Public Service Obligation (PSO) untuk tahun 2014 maka ditetapkan tarif KA kelas ekonomi komersial (nonsubsidi) jarak menengah dan jarak jauh akan mengalami kenaikan atau selisih sebesar 100 persen dari tarif subsidi,” ungkap Winarto, seperti dirilis Republika.

Sebelumnya, PT KAI pernah menetapkan kenaikan harga tiket kereta api yang mencapai 300 persen pada April 2013 lalu. Pengguna kereta api, terutama dengan ekonomi menengah kebawah tidak setuju dengan penetapan kenaikan harga tersebut. Akhirnya, banyak kereta yang beralih ke moda lain akibat kenaikan harga tersebut.

Namun, akhirnya per 1 September 2013 lalu harga tiket kereta jarak menengah dan jauh di kelas ekonomi sempat mengalami penurunan harga sampai 45 persen setelah turunnya anggaran Public Service Obligation (PSO) dari pusat. Sayangnya, hingga saat ini PSO untuk tahun 2014 belum diturunkan.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur