Per 1 September, Tiket KA Ekonomi Jakarta – Cikampek/Purwakarta Bisa Dipesan H-7

foto:catperku.com
CTM Pemesanan tiket

Per 1 September mendatang, tiket kereta api Ekonomi Lokal dari Jakarta dengan tujuan dan Purwakarta sudah dapat dipesan untuk tujuh hari ke depan. Sebelumnya, tiket KA ini hanya dapat dibeli pada saat (go show).

Kebijakan tersebut diambil (KAI) DAOP I Jakarta untuk lebih memudahkan , khususnya para pekerja yang sering menggunakan sarana transportasi kereta api. “Ini merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat, terutama pengguna kereta api,” jelas Senior Manager Humas DAOP I Jakarta, Bambang S. Prayitno.

“Hal ini juga sebagai jawaban saran dan masukan dari masyarakat pengguna kereta api yang meminta peningkatan pelayanan dalam pembelian tiket KA Lokal yang valid,” tambah Bambang. “Dengan sistem ini, tiket bisa dibeli PP, dibatalkan, dan reschedule.”

Pemesanan tiket Lokal H-7 sendiri sama dengan pemesanan tiket KA pada umumnya. Konsumen wajib memasukkan data, yaitu nama dan identitas yang jelas dan sesuai kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku. Untuk lokasi pemesanan, dilayani di , , Tambun, Cikarang, Lemahabang, Kedunggede, , Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan Purwakarta.

“Pemesanan tiket H-7 ini juga memberikan kemudahan bagi manajemen untuk evaluasi pertumbuhan volume penumpang,” sambung Bambang. “Data penumpang juga lebih terjamin dalam keperluan verifikasi klaim asuransi karena dipastikan sudah terdata dalam manifest penumpang.”

KA Ekonomi Lokal sendiri memiliki kapasitas 106 tempat duduk di tiap gerbong. Sementara untuk harga tiketnya, rute Jakarta Kota-Cikampek sebesar Rp5.000, sedangkan rute Jakarta Kota-Purwakarta dibanderol Rp6.000.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.