Perbaikan Rel Longsor di Tasikmalaya Selesai

Alat berat yang digunakan untuk perbaikan rel
Alat Berat yang digunakan untuk (foto: tempo.co)

– Perbaikan rel kereta api yang longsor akibat hujan di Tasikmalaya, Jawa Barat, selesai Kamis (25/7/2013) petang. Setelah perbaikan rel mulai dilintasi lagi pukul 17.40 WIB.

“Alhamdulillah untuk penyelesaian amblasan di KM 252 telah selesai pukul 17.40 WIB,” kata Jaka Jakaria, Kepala Humas Daops 2 Bandung, kepeda tempo saat ditemui di lokasi kejadian.

Menurut Jaka, kini rel sudah bisa dilintasi kereta dengan kecepatan 5 km/jam. Rencananya, kereta pertama yang akan melintas di selatan adalah KA Turangga.  Turangga berangkat dari Bandung pukul 20.00 WIB dengan tujuan Surabaya. “Sampai sini sekitar jam 22.00 WIB,” ujarnya.

Rencananya PT KAI akan memasang brojong di area yang longsor untuk menahan beban. Jaka mengatakan, Pemasangan brojong dilakukan untuk mengantisipasi intensitas hujan yang tinggi. Pihaknya juga meningkatkan kewaspadaan dengan menambah jumlah petugas pemeriksa dan terowongan.

Sebelumnya, rel kereta api menggantung akibat longsor di Kampung Neglasari, Desa/Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (24/7/2013), pukul 22.20 WIB. Jalur yang longsor sepanjang 30 meter dengan ketinggian 4 meter di KM 252+8, antara Ciawi dan Rajapolah, Tasikmalaya.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur