Mulai Hari Ini, Seluruh Rute KA Joglosemarkerto dan KA Kamandaka Dibatalkan

Kereta Api Joglosemarkerto
Kereta Api Joglosemarkerto - theworldnews.net

PT Api Indonesia () Purwokerto mulai Senin (20/4) ini memutuskan untuk membatalkan perjalanan KA Joglosemarkerto dan KA Kamandaka seiring meningkatnya kasus infeksi . seluruh perjalanan dua kereta api tersebut menurut rencana akan dilakukan hingga tanggal 30 April 2020 mendatang.

“Imbas corona, berdampak pula terhadap penurunan okupansi KA Joglosemarkerto dan KA Kamandaka,” papar Manajer Humas PT KAI DAOP 5 Purwokerto, Supriyanto, dilansir Kompas. “Pada hari biasa, sebelum merebaknya COVID-19, okupansi penumpang KA Joglosemarkerto rata-rata bisa mencapai 150 persen.”

Total ada enam perjalanan KA Joglosemarkerto maupun Kamandaka yang disetop sementara. KA Kamandaka yang dibatalkan sementara yaitu tujuan Purwokerto pukul 11.00 WIB dan pukul 20.30 WIB dari Semarang, serta perjalanan dari Purwokerto berangkat pukul 05.00 WIB. Sementara, KA Joglosemarkerto tujuan Yogyakarta berangkat dari Semarang pukul 14.55 WIB dan tujuan Solo pukul 22.02 WIB juga dibatalkan. Untuk relasi Tegal-Purwokerto-Yogyakarta-Solo dan berakhir di Semarang berangkat pukul 08.09 WIB, juga terdampak.

“KA Kamandaka dan Joglosemarkerto kian hari semakin sepi oleh penumpang. Apalagi sudah mulai diberlakukannya PSBB di kota Tegal yang merupakan salah satu tujuan transit KA tersebut. Okupansi rata-rata per hari mulai awal bulan April hingga saat ini tidak lebih dari 24% saja,” timpal Humas PT KAI DAOP 4 Semarang, Krisbiyantoro. “Jika kondisi masih seperti sekarang, bukan tidak mungkin pembatalan akan diperpanjang hingga masuk bulan berikutnya.”

Bagi calon penumpang yang dibatalkan keberangkatannya, akan dikembalikan bea tiketnya sebesar 100 persen. Penumpang akan dihubungi melalui contact center 121 dan dipersilakan ikuti petunjuk selanjutnya. Jika belum dihubungi, maka penumpang dapat membatalkan melalui KAI Access dan di loket stasiun. Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.