Perjalanan Kereta Api Daop I Jakarta Berubah Mulai Bulan Depan

Kereta Api Daop I Jakarta - www.tigapilarnews.com

Jakarta – PT Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) I akan mengubah kereta api per tanggal 1 April 2017. Perubahan tersebut sesuai dengan SK DJKA No. KA.407/SK.332/DJKA/12/16 tanggal 29 Desember tentang Pemberlakuan Grafik Kereta Api (Gapeka) 2017.

Menurut Manager Humas Daops 1, Suprapto, secara garis besar dalam Gapeka 2017 ini terdapat penambahan waktu perjalanan, baik KA maupun KA barang dengan keseluruhan mencapai 1.241 perjalanan kereta api. “Untuk waktu perjalanan KA , rata-rata penambahan waktu perjalanan berkisar 6 menit,” ungkap Suprapto di Jakarta, Kamis (23/3).

Perubahan perjalanan ini dilakukan karena perpanjangan relasi sejumlah KA yang mengakibatkan waktu perjalanan bertambah, kemudian adanya penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh dari Gambir dan Pasarsenen, serta penambahan pemberhentian untuk melayani naik-turunnya penumpang.

“Pada Gapeka 2017, PT KAI Jakarta akan menambahkan 10 perjalanan KA Barang dan 80 perjalanan KA Soekarno-Hatta,” ucapnya. Selain itu Daop 1 juga akan kembali mengubah pola berhenti sejumlah KA di stasiun-stasiun tertentu. Sebab dalam Gapeka sebelumnya ada sejumlah kereta yang tidak berhenti di beberapa stasiun yang berada dalam wilayah Daop 1.

“Sebelumnya, KA tidak berhenti dengan alasan keamanan dan sterilisasi. Namun karena saat ini kondisi stasiun-stasiun tersebut sudah dinilai kondusif, maka KA-KA tersebut kembali berhenti di stasiun Karawang guna mengakomodir permintaan masyarakat,” tandasnya.