KAI Divre I Sumut Kurangi 2 Perjalanan KA Srilelawangsa Rute Medan-Binjai

Mahendro Trang Bawono, Manager Humas PT KAI Divre I Sumut - jurnalsumatra.com
Mahendro Trang Bawono, Manager Humas PT KAI Divre I Sumut - jurnalsumatra.com

Jakarta – PT Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara memutuskan untuk mengurangi dua KA Srilelawangsa yang melayani Medan-Binjai-Medan pada tahun 2021 ini menjadi 22 kali setiap hari dari 24 perjalanan sebelumnya.

“Ya benar, ada pengurangan perjalanan KA Srilelawangsa menyesuaikan kontrak KA PSO di tahun 2021,” kata Manager Humas KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono, Jumat (22/1), seperti dilansir Detik. Adapun perjalanan KA Srilelawangsa yang dikurangi adalah keberangkatan dari Medan pukul 12.30 WIB dan dari Binjai jam 13.15 WIB. Walaupun dikurangi, perjalanan KA Srilelawangsa disebut tetap dapat memenuhi kebutuhan angkutan di rute tersebut.

Terlebih karena saat ini masih dalam masa pandemi (Covid-19). Tak ayal jika penumpang KA Srilelawangsa mengalami penurunan yang drastis karena masyarakat umumnya membatasi aktivitas ke luar rumah. Sebelum adanya pandemi Covid-19, jumlah penumpang pada rute KA Sri Lelawangsa mencapai 5.000 sampai 7.000 orang per hari. Sedangkan selama pandemi Covid-19 jumlah penumpang di rute tersebut turun drastis menjadi 2.000 sampai 3.000 penumpang.

“Dengan adanya pengurangan operasional dua perjalanan KA Medan-Binjai-Medan, maka total KA yang beroperasi di Sumut dewasa ini tinggal 32 perjalanan setiap hari,” ujar Mahendro.

Sebagai informasi, KA Srilelawangsa merupakan kereta rel diesel Indonesia (KRDI) buatan PT INKA yang telah beroperasi sejak tahun 2010 silam. KA Srilelawangsa terdiri dari 2 trainset (rangkaian kereta), masing-masing empat kereta dengan kapasitas normal per trainset sekitar 120 penumpang. KA Srilelawangsa memasang atau yang cukup murah, yakni Rp5.000 saja per orang.

KA Srilelawangsa mampu melalui perjalanan dari Medan ke Binjai dan Binjai ke Medan rata-rata dalam waktu 35 menit perjalanan. Oleh sebab itu, KA Srilelawangsa termasuk umum andalan masyarakat di Sumatera Utara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*