Perlintasan Sebidang Kereta Api Tidak Dijaga Petugas Rawan Kecelakaan

perlintasan sebidang tak berpenjaga
perlintasan tak berpenjaga
sumber : Tempo

JAKARTA –  Kementrian Perhubungan menyebutkan terdapat lebih dari 3000 (KA) yang tidak terjaga. “Ada total 3.419 perlintasan di dan Sumatera yang tidak dijaga,” ujar Hermanto Dwiatmoko, Direktur Keselamatan Direkotrat Jenderal Perkeretaapian.

Seluruh perlintasan sebidang yang tidak dijaga tersebut sebenarnya adalah perlintasan resmi milik . Sebanyak 2.923 perlintasan di Jawa dan 496 perlintasan lainnya tersebar di wilayah Sumatera.

Data lain menyebutkan 969 perlintasan berada di Jawa dan di terdapat 205 perlintasan sehingga tedapat 1174 perlintasan sebidang resmi yang dijaga.

Dengan demikian terdapat 3892 perlintasa di Jawa dan Sumatera, serata terdapat 701 perlintasan sebidang.

Hermanto juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa yang tidak resmi, yang tidak resmi mencapai 401 perlintasan di Jawa dan 208 perlintasan di Sumatera.

Catatan jumlah perlintasan tersebut didapatkan dari catatan Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

“Jumlah data perlintasan tidak resmi di lapangan sudah bertambah,” ujarnya.

 

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.